Terbit: 16 Maret 2018 | Diperbarui: 7 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Anoreksia, mungkin Anda pernah mendengar istilah ini. Anoreksi adalah kelainan yang menyebabkan penderitanya menjadi kekurangan gizi ini. Masalah ini cukup rumit untuk diatasi.

Penderita Anoreksia Harus Konsumsi 4 Zat Gizi Ini

Penanganan anoreksia tidak bisa hanya dari segi psikologis.  Agar kondisi tubuh penderita segera normal maka gizi menjadi hal penting sebagai pendukung kesembuhannya.

Penanganan Tepat untuk Kasus Anoreksi

Menurut data dari BioMedical Central, anorksia memang hanya terjadi sebesar 0,7% dari populasi yang diteliti. Namun penanganannya memang cukup kompleks dan bertahap. Salah satu hal vital yang diperhatikan, selain sisi psikologis, pemahaman kesehatan dan aktivitas fisik, adalah gizi.

Berdasarkan buku Clinical Nutrition in Practice, asupa gizi untuk menangani anoreksia adalah

  1. Asupan energi

Untuk mendukung pembentukan massa tubuh penderita asupan energi maka kebutuhan energi energi diberikan 60-100 kkal per kilogram berat badan penderita. Hal ini akan mendukung peningkatan berat badan sebesar 1 – 1,5 kg dalam satu minggu.

2. Protein dan lemak

Asupan protein dan lemak harus terpenuhi untuk mendukung massa tubuh.

3. Zat gizi untuk tulang

Saat mengalami anoreksia, beberapa zat gizi dalam tubuh mengalami gangguan dan degradasi sehingga asupan vitamin D, kalsium dan magnesium penting untuk mendukung pembentukan tulang yang baik.

4. Mineral

Asupan mineral diperlukan untuk mendukung perbaikan saraf tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih merasakan cita rasa makanan. Beberapa jenis mineral yang harus mendapat perhatian adalah zink dan zat besi.

Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tersebut,  beberapa bahan makanan yang dapat dipilih adalah, makanan berkarbohidrat misalnya nasi atau mi.  Kemudian lauk protein hewani seperti daging, ikan dan telur. Pemenuhan gizi untuk tulang dan mineral dapat diperoleh dari susu, ikan teri, brokoli dan sayur bayam.

Gizi dalam penanganan anoreksia memang penting, namun keberhasilan penyembuhan anoreksia juga dipengaruhi oleh faktor vital lainnya seperti penyembuhan secara psikologis dan pemahaman akan kesehatan.

Jadi agar penanganan anoreksia berhasil, semua faktor tersebut harus diusahakan ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi