Terbit: 12 April 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Healing foods adalah jenis makanan yang dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh, misalnya setelah sakit atau operasi. Apa saja jenis makanan yang termasuk di dalamnya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

13 Healing Foods untuk Mempercepat Pemulihan Tubuh

Jenis Healing Foods untuk Membantu Proses Pemulihan

Pernah dengar seputar diet healing foods? Pada dasarnya, ini adalah makanan yang bermanfaat untuk memberi dukungan pada tubuh agar sembuh lebih cepat.

Makanan sehat memang akan memberikan manfaat bagi tubuh secara keseluruhan. Namun, beberapa jenis makanan yang termasuk healing foods lebih dari itu.

Jenis makanan ini dapat mengurangi inflamasi (peradangan) di tubuh, meningkatkan imun tubuh, dan menyediakan berbagai nutrisi bagi tubuh agar cepat sembuh.

Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

1. Sayuran hijau

Terkenal sebagai makanan sehat, rasanya wajar saja bila sayuran hijau menjadi jenis makanan yang masuk ke dalam healing foods.

Melansir Healthline, sayuran hijau mengandung beragam nutrisi penting yang berguna bagi kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, di antaranya vitamin C, provitamin A, folat, mangan, dan magnesium.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung antioksidan polifenol yang bersifat antiinflamasi (mengurangi peradangan) dan berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Telur

Telur mengandung protein tinggi yang dapat membantu proses pemulihan luka setelah operasi. Perlu Anda ketahui, kebutuhan protein setelah operasi meningkat dari rekomendasi harian.

Sebelumnya, kebutuhan protein harian adalah sekitar 0,8 gram per kilogram berat badan. Nah, setelah operasi, kebutuhan protein akan meningkat hingga 1,5-2 gram per kilogram berat badan.

Protein yang terkandung dalam telur sangat tinggi. Pada 50 gram telur, terkandung kurang lebih sebanyak 6 gram.

Selain merupakan sumber protein tinggi, telur juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan menunjang sistem imun tubuh.

Baca Juga12 Makanan untuk Patah Tulang agar Pulih Lebih Cepat 

3. Aneka buah beri

Healing foods berikutnya adalah aneka buah beri. Manfaat aneka beri dalam menyembuhkan hadir berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Perlu Anda ketahui, vitamin C akan meningkatkan produksi kolagen, jenis protein yang banyak terdapat di tubuh. Peningkatan kolagen inilah yang akan membantu mempercepat tubuh untuk pulih.

Buah beri juga mengandung antioksidan antosianin. Selain memberikan warna cerah pada buah beri, antosianin memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan dapat mendukung kekebalan tubuh.

4. Kerang

Kandungan zinc dalam kerang dapat membantu tubuh pulih lebih cepat. Mineral yang satu ini baik untuk fungsi kekebalan tubuh, mampu mempercepat pemulihan, dan membantu proses penyembuhan luka.

Menurut Food Data Central, jenis kerang seperti tiram, mengandung setidaknya 60 mg zinc dalam setiap 100 gram. Oleh karena itu, kerang termasuk healing food.

5. Sayuran berdaun gelap

Selain sayuran hijau, sayuran berdaun gelap seperti kale, brokoli, bayam, kangkung, dan lobak, mengandung vitamin K. Vitamin ini membantu sel-sel darah menggumpal dan berkelompok.

Pada akhirnya, kondisi tersebut akan membantu mencegah Anda kehilangan banyak darah dan melindungi luka.

6. Unggas

Unggas adalah salah satu jenis healing foods yang bisa Anda masukkan ke dalam menu harian. Khasiat unggas untuk pemulihan tubuh diperoleh berkat kandungan asam amino di dalamnya.

Melansir Healthline, unggas, termasuk ayam dan kalkun, terbungkus oleh glutamin dan arginin. Keduanya merupakan asam amino yang dapat membantu pemulihan dan penyembuhan.

Perlu Anda ketahui, asam amino merupakan bahan penyusun protein. Zat ini memainkan peran penting dalam penyembuhan luka dan memiliki fungsi bagi kekebalan tubuh.

Baca Juga17 Makanan Penambah Imun yang Enak dan Bergizi

7. Jeroan

Jeroan mengandung berbagai nutrisi yang mampu menunjang sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, makanan ini termasuk salah satu jenis healing foods.

Jeroan mengandung vitamin A, zat besi, zinc, vitamin B, dan tembaga. Semua kandungan tersebut dibutuhkan untuk memproduksi jaringan ikat dan kolagen.

Selain itu, protein dalam jeroan termasuk protein baik yang dapat membantu proses pemulihan setelah operasi atau setelah sakit.

8. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah salah satu jenis healing foods yang bisa Anda coba saat dalam masa pemulihan.

Makanan jenis ini mengandung protein nabati, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang akan mendukung penyembuhan.

Beberapa pilihan makanan yang bisa Anda coba, yaitu almond, walnut, biji bunga matahari, dan biji rami.

9. Salmon

Salmon mengandung protein, vitamin B, selenium, zat besi, zinc, dan lemak omega-3. Kelima kandungan ini baik untuk menunjang proses pemulihan.

Menurut penelitian, lemak omega-3 dalam bentuk suplemen diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan respons imun tubuh, dan mengurangi peradangan.

Selain itu, penelitian lainnya mengungkapkan jika sebanyak 85 gram salmon akan memenuhi 70 persen kebutuhan selenium harian. Selenium sendiri adalah mineral yang mengatur peradangan dan respons kekebalan tubuh.

10. Sarden

Selain salmon, sarden juga mengandung lemak omega-3 yang cukup tinggi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, asam lemak ini dapat mendukung proses pemulihan Anda.

Tak hanya itu, ikan yang satu ini menyimpan kandungan kalsium dan vitamin D. Oleh karena itu, konsumsi sarden dapat membantu proses penyembuhan patah tulang.

11. Madu

Madu termasuk healing foods karena mampu menurunkan peradangan, mengurangi nyeri, dan membunuh bakteri.

Selain itu, madu juga mengandung vitamin (vitamin C dan niacin), mineral, kalsium, dan zat besi. Seluruh kandungan ini baik untuk menambah energi tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Madu Mentah (Raw Honey) bagi Tubuh

12. Jahe

Akar tanaman jahe memiliki senyawa yang disebut gingerol. Senyawa ini akan memblokir reseptor di saluran pencernaan penyebab mual.

Anda bisa mengonsumsi jahe untuk mengatasi morning sickness, mabuk perjalanan, atau setelah operasi dan kemoterapi.

13. Teh herbal

Teh herbal bermanfaat untuk menunjang pemulihan. Sebagai contoh, teh rasa raspberry mampu mengurangi peradangan.

Selain itu, beberapa jenis teh herbal lainnya dapat membantu meredakan radang tenggorokan dan melawan bakteri.

Itu dia daftar makanan yang termasuk healing foods. Anda bisa mengonsumsi jenis makanan tersebut untuk mendukung proses pemulihan. Jangan lupa kombinasikan dengan makanan sehat lainnya untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

  1. Anonim. Egg, Whole, Cooked, Hard-Boiled. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/173424/nutrients. (Diakses pada 12 April 2022).
  2. Anonim. Healing Foods. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-healing-foods. (Diakses pada 12 April 2022).
  3. Anonim. 2019. Mollusks, Oyster, Eastern, Wild, Cooked, Dry Heat. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/175171/nutrients. (Diakses pada 12 April 2022).
  4. Kubala, Jillian. 2020. 10 of the Best Foods to Help You Heal. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-help-you-heal. (Diakses pada 12 April 2022).
  5. Senn, Katrina. 2013. Healing Foods: 9 Foods That Helped Improve My Health. https://www.mindbodygreen.com/0-7752/9-foods-that-healed-my-body-belong-in-every-kitchen.html. (Diakses pada 12 April 2022).
  6. Yu, Jing., dkk. 2017. Effects Of Omega-3 Fatty Acids on Patients Undergoing Surgery for Gastrointestinal Malignancy: A Systematic Review and Meta-Analysis. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5391568/. (Diakses pada 12 April 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi