Terbit: 8 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Asupan makanan lansia harus lebih diperhatikan, termasuk soal pemilihan camilan atau snack. Pasalnya, di usia yang sudah tidak muda lagi, ada sejumlah kondisi medis yang ikut memengaruhi pola makan seseorang. Ingin tahu apa saja pilihan snack sehat untuk lansia? Simak di sini!

6 Camilan Sehat yang Cocok Dikonsumsi oleh Lansia

Pilihan Camilan Sehat untuk Lansia

Ada sejumlah pertimbangan yang harus Anda ketahui dalam memilih snack sehat untuk lansia. Beberapa di antaranya, yaitu kemungkinan defisiensi vitamin D dan penurunan kemampuan mengunyah.

Mengetahui hal tersebut, camilan sehat untuk orang tua hendaknya tinggi vitamin D dan memiliki tekstur yang lembut.

Berikut ini adalah daftar cemilan sehat untuk lansia yang bisa Anda coba buat, di antaranya:

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Snack sehat untuk lansia yang pertama yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian. Keduanya diketahui mengandung protein. Protein bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh sebab itu, makanan tinggi protein sebaiknya dikonsumsi oleh lansia. Dengan begitu, kebutuhan protein pada lansia akan terpenuhi.

Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung lemak tidak jenuh. Konsumsi makanan lemak tak jenuh akan menurunkan kadar kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL) di dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui, tingginya kolesterol jahat berhubungan dengan berbagai risiko penyakit, seperti serangan jantung dan stroke.

Beberapa contoh kacang-kacangan dan biji-bijian untuk camilan sehat lansia, misalnya kacang almond, kacang pinus, kacang walnut, kacang mete, kacang pistachio, dan biji bunga matahari.

2. Yoghurt dengan potongan buah

Yoghurt dengan taburan buah-buahan segar dapat menjadi pilihan cemilan sehat untuk lansia. Produk olahan susu ini mengandung berbagai mikronutrien penting, seperti kalsium, kalium, magnesium, dan potasium. Semua kandungan tersebut baik untuk mengatur tekanan darah.

Selain itu, yoghurt juga merupakan sumber protein yang baik. Pasalnya, makanan olahan susu ini mengandung kalsium, vitamin B, zinc, dan probiotik.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, pilihlah produk yoghurt yang mengandung tinggi protein namun rendah lemak, misalnya Greek yoghurt.

Anda bisa menambahkan buah-buahan tinggi antioksidan, seperti bluberi. Dengan taburan buah-buahan di atasnya, camilan sehat untuk lansia ini menjadi kaya akan nutrisi. 

Melansir WebMd, bluberi mengandung polifenol. Senyawa ini berguna untuk mengatasi peradangan di dalam tubuh.

Selain bluberi, Anda juga bisa memilih buah-buahan lainnya untuk ditambahkan ke dalam Greek yoghurt, misalnya alpukat, anggur, dan aneka buah beri lainnya.

Baca Juga9 Panduan Pola Makan Lansia yang Sehat (Lengkap)

3. Telur rebus

Telur rebus menjadi salah satu makanan sumber protein. Selain itu, camilan yang praktis ini juga mengandung lemak, vitamin, dan mineral yang sehat. Oleh sebab itu, makanan yang satu ini bisa dijadikan pilihan cemilan sehat untuk orang tua.

Memenuhi kebutuhan protein penting dilakukan. Sayangnya, sebagian besar lansia kurang mencukupi kebutuhan nutrisi ini. Karenanya, konsumsi camilan tinggi protein dapat menjadi solusi pemenuhan kebutuhan nutrisi tersebut.

Anda bisa memberikan telur rebus secara langsung atau menyajikannya dengan roti gandum sebagai snack sehat untuk lansia.

4. Cokelat hitam

Salah satu camilan tinggi protein berikutnya adalah cokelat hitam. Camilan untuk lansia yang satu ini mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

Seperti yang diketahui, jumlah radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh, berhubungan dengan faktor risiko berbagai penyakit, seperti kanker, Alzheimer, penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Selain itu, berkat kemampuannya dalam melawan radikal bebas, antioksidan dapat memberikan efek anti-aging.

Manfaat cokelat hitam untuk lansia juga berkaitan dengan kesehatan mental. Dark chocolate diketahui baik untuk meningkatkan mood.

5. Smoothie tinggi protein

Berbagai nutrisi penting yang bisa didapatkan dari smoothie adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, dan protein. Kandungan nutrisi tersebut akan bergantung pada bahan-bahan apa yang Anda gunakan untuk membuat smoothie.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat smoothie yang tinggi protein, bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah almond, Greek yoghurt, chia seed, alpukat, whey protein, dan susu.

Baca JugaPenyebab dan Cara Mengatasi Diare pada Lansia (Alami dan Medis)

6. Salad buah atau sayur

Buah dan sayur bisa menjadi cemilan sehat untuk lansia. Sayangnya, terkadang buah dan sayur menjadi makanan yang kurang menarik.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memvariasikan buah dan sayur menjadi olahan makanan yang berbeda. Sebagai contoh, Anda bisa membuat salad buah. Salad buah kaya nutrisi seperti magnesium, vitamin C, dan potasium.

Karenanya, manfaat konsumsi salad buah dapat menunjang sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menstabilkan kadar gula dalam darah, dan meningkatkan sistem kardiovaskular.

Selain menyehatkan, salad buah mudah untuk dibuat. Dengan begitu, camilan sehat ini bisa menjadi pilihan yang praktis.

6. Oatmeal

Karbohidrat tinggi serat adalah camilan sehat untuk lansia. Salah satu sumber makanan dengan kandungan ini, yaitu oatmeal.

Oatmeal dapat dijadikan menu sarapan sehat. Selain mudah disajikan, makanan tinggi serat dan padat nutrisi ini juga mudah dikunyah. Oleh sebab itu, camilan sehat ini baik untuk lansia.

Penting diketahui, diet rendah serat adalah penyebab utama sembelit alias konstipasi pada lansia.  Nah, dengan konsumsi oatmeal, diharapkan berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi tidak terjadi. Satu porsi umumnya menyediakan sekitar 4 gram serat.

Nah, itulah berbagai snack sehat untuk lansia yang bisa Anda coba. Jangan lupa imbangi konsumsi camilan dengan pola hidup sehat lainnya agar kesehatan tetap terjaga secara optimal.

 

  1. Anonim. 2020. The Best Smoothie Recipes to Keep Seniors Healthy and Active. https://www.rollinggreenvillage.com/blog/the-best-smoothie-recipes-to-keep-seniors-healthy-and-active/. (Diakses pada 27 Februari 2022).
  2. Anonim.  The 6 Best Nuts for Older Adults. https://www.lifetimedaily.com/what-are-the-healthiest-nuts/. (Diakses 27 Februari 2022).
  3. Castaneda, Ruben & Fetters, Aleisha. 2022. 6 Benefits of Eating Nuts for Older Adults. https://health.usnews.com/wellness/food/slideshows/benefits-of-eating-nuts-for-older-adults. (Diakses 27 Februari 2022).
  4. Coleman, Erin. 2018. What Foods Should Seniors Eat for Breakfast?. https://healthyeating.sfgate.com/foods-should-seniors-eat-breakfast-3252.html. (Diakses pada 27 Februari 2022).
  5. Darley, Steve. 2019. 5 Simple, Nutritious Salads for Seniors. https://www.torontohomecareassistance.ca/healthy-salads-aging-adults-should-eat/. (Diakses pada 27 Februari 2022).
  6. El-Abbadi, dkk. 2014. Yogurt: Role in Healthy and Active Aging. Jurnal: The American Journal of Clinical Nutrition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6410895/. (Diakses 27 Februari 2022).
  7. Jpanayotov. 2020. What are Good Snacks dor Seniors?. https://assistinghands.com/20/illinois/hinsdale/blog/what-are-good-snacks-for-seniors/. (Diakses 26 Februari 2022).
  8. Graven, Ashley. 2016. 6 Simple Snack Ideas and Healthy Foods for Older Adults. https://www.walkermethodist.org/blog/6-healthy-and-simple-snack-ideas. (Diakses pada 27 Februari 2022).
  9. Gupta, Alka. 7 Reasons Why Chocolates are Good for Elderly?. https://tribecacare.com/blog/7-reasons-why-chocolates-are-good-for-elderly. (Diakses 27 Februari 2022).
  10. Schieszer, John. 2022. Yogurt Provides Many Health Benefits for Older Adults.. http://northwestprimetime.com/news/2022/jan/01/yogurt-provides-many-health-benefits-older-adults/. (Diakses 27 Februari 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi