Terbit: 11 March 2018 | Diperbarui: 31 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Makanlah cokelat saat sedang merasa bad mood. Kita tentu sering mendengar bahwa cokelat bisa membuat mood kita menjadi lebih baik. Benarkah ada hubungan antara makanan dengan perasaan?

Benarkah Makanan Dapat Memengaruhi Perasaan?

Untuk membentuk perasaan yang baik, tentu tidak bisa hanya dilakukan hanya dari makanan. Namun kekurangan asupan zat gizi atau makanan tertentu dapat menyebabkan kita bisa merasa bad mood.

Menurut British Dietitian Association, asupan makanan kaya gizi yang tidak tercukupi bisa sangat memengaruhi perasaan kita. Hal ini berkaitan dengan tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral yang vital, asupan energi tubuh yang kurang dan pembentukan hormon yang memengaruhi otak. Kondisi tersebut akan membuat perasaan kita menjadi tidak enak.

Jika kebutuhan vitamin dan mineral kita tidak terpenuhi, maka tubuh kita akan kekurangan asupan vitamin dan mineral. Hal ini yang sangat memengaruhui performa tubuh. Asupan vitamin dan mineral yang rendah membuat organ dan fungsi tubuh tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Vitamin dan mineral yang dapat menyebabkan performa tubuh menurunan adalah zat besi, vitamin B kompleks dan asam folat.

Asupan energi untuk tubuh yang tidak terpenuhi atau mungkin berlebihan dapat menyebabkan tubuh merasa tidak bersemangat untuk beraktivitas. Hampir mirip dengan vitamin dan mineral, asupan energi yang tidak tepat akan menurunkan performa tubuh, kemampuan berpikir hingga konsentrasi. Hal ini yang memengaruhi perasaan kita dalam melakukan sesuatu.

Selain kedua hal diatas, ada pula hormon serotonin yang sangat memengaruhi makanan dan perasaan kita. Hormon ini terbentuk dari asupan protein makanan dan akan membuat tubuh kita merasa nyaman saat mengonsumsi makanan yang tinggi kabrohidrat (carbohydrate craving). Makanan tinggi karbohidrat yang membuat kita merasa nyaman dalam mengonsumsinya adalah makanan-makanan manis yang disebut mampu meningkatkan semangat beraktivitas.

Makanan ternyata memang mampu membuat perasaan kita lebih nyaman dengan cara terpenuhinya kebutuhan zat gizi dan hormon tertentu. Apakah Anda sedang tidak mood hari ini? Coba dilihat mungkin salah satu hal diatas penyebabnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi