Terbit: 15 April 2018 | Diperbarui: 17 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Minuman apa yang ingin Sobat Sehat konsumsi saat siang-siang yang panas dan menyengat seperti sekarang ini? Sebagian orang akan memilih untuk mengonsumsi minuman berkarbonasi yang menyegarkan. Namun, sebenarnya minuman berkarbonasi ini berbahaya bagi kesehatan tidak sih?

Apakah Minuman Berkarbonasi Berbahaya Bagi Kesehatan?

Dilansir dari Men’s Health, pakar kesehatan Susan Yeargin, Ph.D dari University of South Carolina menyebutkan bahwa minuman berkarbonasi kaya akan kandungan karbondioksida. Meskipun karbondioksida adalah gas yang dibuang oleh tubuh kita, Susan menyebutkan bahwa kandungan ini tidak akan membuat tubuh mengalami kesulitan untuk menyerap kelembaban. Kita pun tidak akan mudah terkena dehidrasi setelah mengonsumsinya.

Lantas, apakah minuman berkarbonasi berbahaya bagi kesehatan gigi? Susan berkata bahwa kandungan asam karbonik yang terbentuk saat air bertemu dengan karbondioksida memang bisa merusak gigi jika dikonsumsi dengan berlebihan. Hanya saja, jika kita meminumnya sesekali saja, maka gigi kita tidak akan mengalami dampak buruk dengan signifikan.

Minuman berkarbonasi juga disebut-sebut bisa membuat perut kita menjadi semakin melebar. Memang, minuman ini akan membuat perut sedikit kembung. Namun, asalkan kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan, maka perut kita tidak akan menjadi lebar dan kita pun tidak akan mudah mengalami masalah berat badan, asalkan tentu saja kita harus rajin berolahraga dan mejaga pola makan yang sehat setiap hari.

Rumor terakhir tentang minuman berkarbonasi adalah minuman ini bisa memicu naiknya asam lambung. Menurut pakar kesehatan Melina Jampolis, M.D., hal ini memang bisa terjadi pada mereka yang rentan terkena masalah kesehatan tersebut.

Hanya saja, mengingat minuman berkarbonasi yang dijual di pasaran memiliki kandungan gula yang tinggi, khususnya gula artifisial, ada baiknya memang kita tidak sering-sering mengonsumsinya demi mencegah datangnya masalah kesehatan seperti obesitas atau diabetes.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi