Terbit: 30 January 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Air adalah salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia. Mengonsumsi air dengan jumlah yang tepat akan membuat tubuh jadi lebih segar. Selain itu, air juga bisa mencegah dehidrasi dan melarutkan radikal bebas di saluran pencernaan.

Air Galon atau Air Rebusan, Mana yang Lebih Sehat?

Karena air memberikan banyak manfaat untuk tubuh, kita tidak boleh sembarangan meminumnya. Kita harus mengonsumsi air terbaik entah itu yang berasal dari galon atau yang berasal dari hasil rebusan. Nah, kira-kira air galon dan atau rebusan ya yang lebih sehat?

Air galon atau isi ulang
Air minum kemasan baik itu dalam galon atau kemasan botol diproses dari sumber air. Air yang berasal dari alam ini akan melalui tiga proses penting yang terdiri dari distilasi, filtrasi, dan purifikasi. Setelah melalui 3 tahapan ini, air bisa dikemas dan siap diedarkan untuk dikonsumsi.

Air kemasan ini baik dikonsumsi dan aman. Namun, Anda tidak disarankan untuk minum air yang sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Lebih lanjut, kalau menggunakan galon, cek jenis plastik yang digunakan. Jangan sampai botolnya mengandung bahan berbahaya dan mencemari air yang ada di dalamnya.

Air rebusan dari sumur atau kran
Air rebusan yang biasanya banyak dikonsumsi masyarakat juga sangat baik untuk kesehatan. Hanya saja, air yang diolah sebelum direbus harus berasal dari sumber yang jelas, misal sumur bor atau sumber air dari gunung yang masih alami sehingga tidak terkontaminasi bahan berbahaya.

Saat merebus air, panas hanya akan membunuh mikroba yang ada di dalamnya. Sementara itu kandungan logam yang berbahaya untuk manusia tidak akan hilang. Jadi, meski direbus, logam akan tetap masuk dan akhirnya mengendap di dalam tubuh.

Dari uraian di atas kita bisa menyimpulkan kalau air rebusan atau air galon sama-sama sehat. Asal sumber dari air jelas, kita tidak perlu khawatir dan pilih-pilih saat akan minum air.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi