Avatar

Andi Dewi Chandra

23 September 2020 pada 3:46 pm

Asalamualaikum Dok,
Yang ingin saya tanyakan, jika sudah 2 hari demam tapi pas besoknya muntah darah serta badan menggigil, itu gejala penyakit apa ya dok? bagaimana pengobatannya adan pertolongan pertamanya? terima kasih sebelumnya.

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
23 September 2020 pada 5:55 pm

Waalaikumsalam Kak,
muntah darah dapat dapat diakibatkan dari berbagai kondisi, misalnya luka di lambung, sehingga darahnya berwarna kehitaman karena bercampur asam lambung, namun ada juga muntah dari saluran napas atas atau dari saluran cerna sebelum lambung, warnanya merah segar

Untuk lebih pastinya, saya sarankan kakak melakukan tindakan “endoskopi saluran pencernaan” agar diketahui lokasi dan kondisi pasti dari lambung dan saluran cerna lain.

Pertolongan pertama muntah darah adalah dengan dipuasakan, jangan makan apapun, karena hanya akan melukai saluran cernanya, lalu bawa ke IGD segera agar ditindaklanjuti oleh profesional kesehatan dan diberikan obat untuk menghentikan perdarahannya dan mengganti cairan yang hilang.

Biasanya nanti akan dipasang selang NGT (nasogaster tube) untuk mengistirahatkan saluran cerna dan melihat apakah masih ada proses perdarahan yang terjadi.

Semoga membantu

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.