Terbit: 31 Mei 2021 | Diperbarui: 9 Juni 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Meningkatkan kepercayaan diri adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini diperlukan untuk mencapai tujuan dan mengatasi tantangan hidup. Simak penjelasan lengkap mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri berikut ini.

10 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri di Depan Umum

Berbagai Langkah untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pada dasarnya, mendapatkan kepercayaan diri itu tidak bisa didapatkan dengan instan. Rasa percaya diri harus dilatih terus-menerus seperti halnya membangun otot. Berikut adalah berbagai cara meningkatkan kepercayaan diri yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Perencanaan dan Persiapan

Seseorang yang merasa kurang percaya diri saat menghadapi situasi baru atau yang berpotensi sulit. Faktor terpenting untuk mengembangkan kepercayaan diri adalah dengan  perencanaan dan persiapan yang baik.

Tetapkan beberapa tujuan dan tetapkan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapainya. Tujuan tidak harus selalu yang besar. Mulailah dari pencapaian-pencapaian yang kecil untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri.

2. Melihat Kembali Hal-Hal yang Sudah Anda Capai dan Kuasai

Buatlah daftar semua hal yang Anda banggakan dalam hidup. Jika rasa percaya diri Anda rendah, keluarkan daftar hal-hal yang membuat Anda bangga untuk mengingatkan diri sendiri terhadap semua hal yang telah dilakukan.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa setiap orang memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda. Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengenali keahlian dan mencoba untuk mengembangkannya untuk membangun rasa percaya diri berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

3. Memperbaiki Penampilan

Meningkatkan kepercayaan diri bisa dilakukan dengan mengubah penampilan, misalnya dengan bercukur atau berpakaian dengan rapi. Perubahan penampilan fisik  dapat mengubah suasana hati menjadi lebih positif.

Mengubah citra diri adalah sesuatu yang sangat berarti lebih dari yang Anda sadari. Memiliki gambaran mental tentang diri sendiri adalah sesuatu yang penting dan menentukan seberapa percaya diri Anda.

4. Kenali Diri Sendiri Lebih Dalam

Saat Anda mencoba untuk mengatasi citra diri yang negatif dan menggantinya dengan kepercayaan diri, musuh terbesar adalah diri Anda sendiri. Oleh karena itu, mengenali diri dengan baik adalah sesuatu yang penting.

Mulailah mendengarkan pikiran, cobalah menulis jurnal tentang diri sendiri, dan analisis mengapa Anda memiliki pikiran negatif semacam itu. Kemudian pikirkan tentang hal-hal baik tentang diri Anda, hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan baik, atau hal-hal yang Anda sukai

Selain itu, mulailah berpikir tentang batasan yang menghalangi Anda mencapai tujuan. Semakin Anda mengenal lebih dalam tentang diri sendiri maka kepercayaan diri akan semakin besar.

5. Selalu Bertindak Positif

Bertindak positif lebih dari sekadar berpikir positif, karena Anda dituntut untuk mewujudkannya. Belajar berpikir positif adalah satu hal, tetapi ketika Anda mulai bertindak berdasarkan hal tersebut, Anda dapat mengubah diri  menjadi lebih baik. Anda adalah apa yang Anda lakukan.

Bertindaklah dengan cara yang positif dan ambil tindakan dengan segera, alih-alih mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda tidak bisa melakukannya. Bicaralah dengan orang-orang dengan cara yang positif, curahkan energi ke dalam tindakan dan Anda akan segera mulai melihat perbedaannya.

Baca Juga: 12 Penyebab Bad Mood, Makanan hingga Masalah Kesehatan

6. Bersikaplah Baik dan Murah Hati

Meski hal ini terdengar klise, bersikap baik kepada orang lain dan murah hati dengan diri sendiri adalah cara yang baik untuk meningkatkan citra diri. Sikap ini akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan diri.

Bersyukur atas apa yang Anda miliki dalam hidup dan apa yang orang lain telah berikan kepada Anda adalah sifat rendah hati. Selain itu, sifat ini juga akan meningkatkan citra diri lebih baik.

7. Berbicaralah dengan Pelan

Meski hal ini terbilang sederhana, nyatanya hal ini memberikan perbedaan besar dalam cara orang lain memandang Anda. Seseorang yang merasa bahwa dirinya tidak layak untuk didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena dia tidak ingin membuat orang lain menunggu sesuatu yang tidak layak untuk didengarkan.

Meskipun Anda tidak memiliki kepercayaan diri saat berbicara dengan lambat, cobalah melakukannya beberapa kali. Teknik ini akan membuat Anda merasa lebih percaya diri. Tentu saja, jangan berlebihan, tetapi juga jangan terdengar terburu-buru.

8. Bersikap Tenang

Terdapat korelasi antara kepercayaan diri dan ketenangan. Jika Anda merasa yakin dengan suatu tugas, kemungkinan besar Anda akan merasa tenang saat melakukannya. Saat Anda merasa kurang percaya diri, Anda cenderung stres atau gugup.

Berusaha tetap tenang—meski sedang stres dan tertekan—akan cenderung membuat Anda merasa lebih percaya diri. Untuk melakukan ini, mempelajari teknik rileks adalah hal yang berguna. Pelajari setidaknya satu teknik relaksasi yang dapat Anda gunakan saat merasa stres.

9. Meningkatkan Kompetensi

Apa yang harus Anda lakukan agar lebih kompeten pada bidang tertentu? Salah satu caranya adalah dengan belajar dan berlatih. Berlatihlah sedikit demi sedikit. Semakin banyak Anda berlatih semakin baik Anda menguasai bidang tertentu. Sisihkan waktu dalam sehari untuk meningkatkan kompetensi pada bidang yang ingin Anda tingkatkan.

Memberdayakan diri sendiri secara umum adalah salah satu strategi terbaik untuk membangun kepercayaan diri. Anda dapat melakukannya dengan banyak cara, tetapi salah satu cara paling pasti untuk memberdayakan diri Anda adalah melalui pengetahuan.

10. Fokus pada Solusi

Jika Anda pengeluh atau fokus pada masalah, ubah fokus Anda sekarang. Berfokus pada solusi daripada masalah adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kepercayaan diri dan karier.

Agar Anda tetap fokus pada solusi, cobalah untuk bersikap tegas dengan mempertahankan apa yang Anda yakini dan berpegang teguh pada prinsip. Ketegasan, kepercayaan diri, dan harga diri sangat erat kaitannya, biasanya orang menjadi lebih tegas secara alami saat mereka tahu cara meningkatkan kepercayaan diri.

 

  1. Anonim. How to build self-confidence. https://au.reachout.com/articles/how-to-build-self-confidence. (Diakses pada 31 Mei 2021).
  2. Anonim. Building Confidence. https://www.skillsyouneed.com/ps/confidence.html. (Diakses pada 31 Mei 2021).
  3. Babauta, Leo. 25 Killer Actions to Boost Your Self-Confidence. https://zenhabits.net/25-killer-actions-to-boost-your-self-confidence/. (Diakses pada 31 Mei 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi