Terbit: 6 Agustus 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Cara mengatasi kesepian penting untuk diketahui agar Anda terhindar berbagai penyakit fisik hingga mental. Kesepian menggambarkan perasaan negatif yang dapat terjadi ketika kebutuhan Anda akan interaksi sosial tidak terpenuhi. Lantas, bagaimana cara mengatasi perasaan kesepian yang efektif? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

8 Cara Mengatasi Kesepian (Mudah untuk Dilakukan)

Berbagai Cara Mengatasi Kesepian

Kesepian adalah keadaan yang bisa menyerang siapa saja, terutama saat pandemi COVID-19 dan masa karantina. Situasi pandemi membuat seseorang jarang bertemu langsung dengan keluarga dan teman, hal inilah yang menyebabkan perasaan kesepian lebih umum terjadi akhir-akhir ini.

Melewati periode kesepian bukanlah sesuatu yang mudah. Saat menghadapi keadaan ini, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Hal terpenting yang perlu diyakini yaitu kesepian adalah sesuatu yang dapat berlalu.

Jika saat ini Anda merasa kesepian, berikut cara mengatasi kesepian yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Menerima Bahwa Kesepian adalah Sesuatu yang Normal

Mengetahui bahwa orang lain di seluruh dunia juga mengalami perasaan kesepian yang sama dapat membantu Anda untuk menerima keadaan. Setiap orang pasti pernah mengalami kesepian, apalagi di zaman teknologi berkembang pesat seperti sekarang. Seseorang bisa merasa kesepian meski memiliki banyak teman, hal inilah yang membuat kesepian itu adalah sesuatu yang subjektif.

Jadi, jika Anda mencari jawaban tentang cara mengatasi kesepian dalam hidup, sadarilah bahwa ada jutaan orang lain yang merasakan hal yang sama. Emosi normal ini adalah salah satu yang dialami hampir semua orang dan kesepian adalah sesuatu yang dapat diatasi.

2. Mengenali Dampak Buruk Kesepian

Sebuah studi menunjukkan bahwa kesepian dapat membuat seseorang merasa lebih dingin daripada orang-orang di sekitar. Keadaan ini dapat meningkatkan kolesterol, tekanan darah, hingga mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Dampak buruknya lainnya yang perlu Anda waspadai adalah kesepian juga dapat merusak kualitas tidur. Kesepian membuat tubuh menjadi ‘waspada tinggi’, sehingga membuat Anda lebih rentan mengalami berbagai masalah tidur.

Kesepian juga mengarah pada kebiasaan yang merusak diri sendiri. Penyalahgunaan narkoba, berjudi, dan tindakan merusak diri lainnya semuanya dikaitkan dengan kesepian. Oleh karena itu, mengatasi perasaan ini sejak awal dapat mencegah kebiasaan buruk berkembang lebih jauh.

Baca Juga: Autophobia (Fobia Sendirian): Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

3. Mintalah Bantuan Profesional

Bertemu dengan profesional kesehatan mental adalah salah satu langkah paling bermanfaat yang dapat Anda ambil jika mencoba mengatasi kesepian dan masalah mendasar yang mungkin menyebabkannya.

Masalah lain seputar kesepian yang juga dapat diatasi, misalnya, jika Anda baru saja kehilangan anggota keluarga atau teman dekat, Anda mungkin mengalami kesepian dan kesedihan. Seorang terapis dapat membantu mengeksplorasi faktor-faktor dibalik perasaan sekaligus membantu mengatasinya.

4. Tetap Menjaga Hubungan Baik dengan Orang Lain

Kesepian dapat membuat Anda menarik diri dari hubungan dengan orang lain. Cara mengatasi kesepian hati ini bisa dilakukan dengan menjalin kembali hubungan yang sudah pernah dimiliki sebelumnya.

Saat orang yang pernah Anda cintai atau terhubung sedang merasa jauh, mungkin sulit untuk mengambil langkah pertama untuk memperkuat ikatan tersebut. Berikut adalah beberapa ide untuk menciptakan hubungan yang baik:

  • Jadwalkan waktu setiap hari (atau minggu) untuk menelepon atau mengunjungi teman.
  • Undang teman untuk makan bersama.
  • Mulailah percakapan dengan tetangga jika Anda bisa.
  • Gunakan media sosial untuk terhubung kembali dengan orang-orang yang kehilangan kontak karena waktu atau jarak
  • Bergabunglah dengan grup atau klub yang sesuai dengan minat Anda.

5. Berlatih Positive Self-Talk

Anda mungkin bertanya apa hubungannya menghilangkan negative self-talk dengan kesepian, padahal keduanya berjalan beriringan.

Saat Anda merasa kesepian, memikirkan ucapan-ucapan negatif adalah sesuatu yang umum terjadi. Padahal, hal ini dapat menambahkan perasaan sepi yang sedang dialami.

Oleh karena itu, berusahalah untuk mengubah pikiran-pikiran negatif dengan positive self-talk. Teknik yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi kesepian di rumah ini membutuhkan latihan. Pelajari teknik-teknik ini adalah cara yang baik untuk memerangi perasaan negatif.

Saat Anda di rumah, acara radio atau podcast yang menghibur adalah cara yang baik untuk mengisi pikiran dan menemani kesepian Anda.

6. Menghabiskan Waktu dengan Hobi

Kebosanan dapat menambah bobot kesepian. Jika Anda sudah berjuang dengan perasaan kesepian atau isolasi sosial, obatnya bukanlah menonton film sendirian setiap malam. Sebaliknya, temukan sesuatu untuk mengisi waktu Anda. Luangkan waktu untuk menjelajahi hobi atau menemukan kegemaran yang baru.

Menghabiskan waktu di luar ruangan adalah cara yang efektif untuk meningkatkan mood. Olahraga dapat mengangkat suasana hati dan membantu mengalihkan pikiran Anda dari berbagai hal, jadi cobalah berjalan, bersepeda, atau berenang.

Baca Juga: 17 Penyebab Stres dan Efeknya bagi Kesehatan

7. Menjadi Relawan

Salah satu cara mengatasi kesepian adalah menempatkan diri di tempat di mana Anda dapat bertemu orang baru. Cara ini baik dilakukan bagi seseorang yang rasa kesepiannya diperparah oleh rasa malu atau kecemasan sosial.

Saat Anda menjadi relawan, Anda tidak hanya menempatkan diri bertemu orang-orang baru, tetapi juga fokus pada satu tugas. Hal ini dapat membantu mencegah perasaan canggung yang mungkin muncul jika Anda tidak memiliki tujuan tertentu.

Manfaat lainnya menjadi relawan adalah orang-orang yang Anda temui cenderung memiliki minat yang sama. Menyukai hal sama dengan orang lain akan membuat Anda mudah terhubung dengan orang lain.

8. Memiliki Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, menawarkan begitu banyak manfaat, salah satunya adalah mencegah kesepian. Bahkan, hewan peliharaan dapat menghubungkan Anda dengan orang lain, misalnya, Anda ikut bergabung ke dalam komunitas yang sesuai dengan ras anjing yang Anda miliki.

Selain itu, hewan peliharaan memberikan cinta tanpa syarat, yang bisa menjadi obat yang bagus untuk kesepian. Nah, itu beberapa cara mengatasi kesepian di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat!

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. What you can do if you feel lonely during the coronavirus (COVID-19) outbreak. https://www.nhs.uk/every-mind-matters/coronavirus/coping-with-loneliness-during-coronavirus/. (Diakses pada 6 Agustus 2021).
  2. Porter, Robert. 2020. 7 Tips For How To Deal With Loneliness | The Steps to Conquer The Thought “How To Deal With Loneliness”. https://www.betterhelp.com/advice/loneliness/7-tips-for-how-to-deal-with-loneliness/. (Diakses pada 6 Agustus 2021).
  3. Scott, Elizabeth. 2021. 9 Ways to Cope With Loneliness. https://www.verywellmind.com/how-to-cope-with-loneliness-3144939. (Diakses pada 6 Agustus 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi