Otot, Tulang, dan Sendi

Nyeri Otot

Nyeri otot adalah gejala penyakit atau kondisi kesehatan tubuh. Istilah medisnya dikenal juga dengan myalgia. Pada umumnya, rasa nyeri timbul di salah satu otot tertentu, namun bisa juga terasa di seluruh bagian tubuh.

Gejala nyeri otot yaitu kram, kaku, sepeti otot ditarik, dan lemah. Biasanya nyeri akan timbul setelah melakukan aktivitas tertentu, terutama jika sudah melakukan kegiatan berat yang banyak melibatkan otot. Penyebab nyeri otot ada banyak, bisa karena postur tubuh yang kurang baik, gerakan olahraga yang salah, cedera otot, bahkan hingga efek samping obat-obatan.

Nyeri otot parah bisa terasa dalam kurun waktu yang cukup lama, mulai dari berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Ketika sudah parah, rasa nyeri tidak kunjung membaik meski sudah mengurangi aktivitas dan beristirahat dengan baik.

Cara Mengatasi Nyeri Otot

Ketika otot terasa nyeri, tentu akan timbul rasa tidak nyaman. Pada umumnya, kondisi seperti ini bisa diatasi sendiri untuk meredakan rasa nyeri yang timbul. Beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu seperti tidur cukup, istirahatkan bagian tubuh yang terasa nyeri, kompres otot yang sakit, memijat bagian yang sakit secara perlahan, dan konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Olahraga ringan juga bisa meredakan nyeri otot.

Perlu diketahui juga bahwa ada cara mencegah nyeri otot yang mudah. Beberapa di antaranya seperti olahraga rutin, selalu melakukan pemanasan sebelum olahraga, lakukan peregangan setelah olahraga atau aktivitas fisik lainnya, dan selalu cukupi kebutuhan konsumsi air mineral.

Radang Sendi

Artritis atau yang lebih dikenal dengan radang sendi adalah peradangan pada satu atau beberapa sendi yang ada pada tubuh. Ketika mengalami kondisi ini, seseorang akan merasa sendinya kaku dan sulit untuk digerakkan. Gejala radang sendi yang umum adalah bengkak, nyeri, kaku, kekuatan otot di sekitar sendi jadi menurun, dan kulit di area sendi berubah kemerahan.

Faktor yang memengaruhi seseorang mengalami radang sendi yaitu bisa dari jenis kelamin, riwayat keluarga, dan obesitas. Risiko radang sendi akan lebih meningkat seiring pertambahan usia. Apabila pernah mengalami nyeri pada sendi, maka kemungkinan besar akan kambuh di kemudian hari.

Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah timbulnya rasa sakit di bagian yang menghubungkan tulang dengan tulang. Kondisi ini menyebabkan pergerakan tubuh penderitanya menjadi terganggu, terlebih lagi jika rasa nyeri timbul cukup lama.

Obat Nyeri Sendi yang Ampuh

Pengobatan nyeri sendi yang masih tergolong ringan bisa dengan istirahat yang cukup, kompres bagian yang nyeri menggunakan es sekitar 15-20 menit, dan bisa juga dengan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen yang dijual di apotek.

Selain melakukan tiga langkah pengobatan tersebut, perlu hindari juga kegiatan fisik yang melibatkan sendi untuk mencegah timbulnya rasa sakit yang semakin parah. Apabila nyeri tidak kunjung reda dan semakin tidak tertahankan, maka perlu segera kunjungi dokter.

Obat Nyeri Otot, Tulang, dan Sendi di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli obat online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli obat nyeri sendi, otot, dan tulang. Temukan obat yang bisa mengatasi dan meredakan nyeri dengan tepat dan cepat.

Cari dan beli obat nyeri otot, tulang, dan sendi yang bagus dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua obat sakit tulang, otot, dan sendi di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.