Jantung

Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah kondisi di mana jantung mengalami gangguan. Beberapa jenis gangguan yang dimaksud yaitu pada irama jantung, pembuluh darah jantung, katup jantung, atau bahkan bawaan lahir.

Jantung adalah organ dalam tubuh yang sangat penting bagi manusia. Fungsi jantung adalah untuk memompa darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jantung terbagi ke dalam empat ruang yang terdiri dari dua ruang di bagian atas dan dua di bagian bawah. Ruang bagian atas adalah atrium (serambi) kanan dan kiri dan ruang bagian bawah adalah ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot (septum).

Jenis Penyakit Jantung

Ada beberapa jenis penyakit jantung yang terbagi berdasarkan gangguannya. Penyakit jantung koroner yaitu penyempitan pembuluh darah jantung. Penyakit katup jantung yaitu gangguan pada salah satu bagian atau keempat bagian katup jantung.

Aritmia yaitu gangguan irama jantung. Infeksi jantung yaitu infeksi pada jantung yang diakibatkan oleh virus, bakteri, atau parasit. Kardiomiopati yaitu gangguan pada otot jantung. Penyakit jantung bawaan yaitu kelainan jantung yang sudah ada sejak lahir.

Gejala Penyakit Jantung Berdasarkan Jenisnya

Ciri-ciri sakit jantung yang umum adalah timbul rasa nyeri di bagian dada dan menjalar ke bagian bahu. Penderitanya pun akan merasa sesak napas, jantung berbebar, dan keringat dingin. Di sisi lain, beberapa orang bisa saja tidak merasakan gejalanya sama sekali. Gejala sakit jantung pun akan berbeda-beda berdasarkan jenisnya.

Gejala serangan jantung adalah timbul rasa nyeri seperti tertekan di bagian dada, nyeri di ulu hati, sesak napas, kembung, jantung terasa berdebar, pusing, mual, muntah, berkeringat, lemas. Gejala sakit jantung koroner adalah nyei di bagian dada, lemas, napas pendek, mual, pusing. Kondisi ini perlu diwaspadai karena gejalanya mirip gejala maag.

Gejala aritmia adalah jantung berdebar, timbul rasa tidak nyaman, pusing, napas pendek, lemas, dan bahkan bisa sampai pingsan. Gejala penyakit katup jantung adalah nyeri dada ketika beraktivitas, lemas, pusing. Masih ada beberapa gejala penyakit jantung sesuai jenisnya. Cara paling tepat untuk memastikannya yaitu dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung.

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Perlu menjadi catatan bahwa pengobatan sakit jantung harus disesuaikan dengan jenis yang dialami. Apabila mengalami infeksi jantung, maka dokter akan memberikan resep antibiotik. Pemberian obat jantung bengkak, obat jantung koroner, obat jantung lemah, atau obat jantung berdebar akan berbeda-beda. Meskipun demikian, ada beberapa cara mengobati penyakit jantung yang umum dilakukan.

Pertama, harus melakukan gaya hidup sehat. Coba lakukan olahraga rutin sekitar 30 menit per hari, konsumsi makanan rendah lemak dan garam, berhenti merokok, dan hindari konsumsi alkohol. Terdengar sederhana, namun jika dilakukan secara rutin, maka hasilnya akan maksimal.

Kedua, bisa dengan mengonsumsi obat jantung. Beberapa golongan obat yang digunakan yaitu angiotensin II receptor blockers, antiplatelet, antikoagulan, ACE inhibitor, antagonis kalsium, penurun kolesterol, penghambat beta, obat digitalis, dan nitrat. Biasanya beberapa orang akan mengonsumsi berbarengan dengan obat herbal jantung.

Ketiga, melakukan prosedur medis. Beberapa di antaranya yaitu dengan pasang ring jantung atau dengan melakukan operasi bypass jantung. Prosedur operasi jantung ini dilakukan dengan mencangkok pembuluh darah lain agar aliran darah bisa melewati pembuluh darah yang baru.

Obat Jantung di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli obat online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli obat jantung. Temukan produk yang tepat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit jantung.

Cari dan temukan obat jantung yang Anda butuhkan dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua obat jantung di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.