Hipertensi

Apa Itu Hipertensi?

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi. Terjadi kekuatan aliran darah terhadap dinding arteri cukup tinggi, namun sekitar sepertiga penderita hipertensi tidak menyadarinya. Kekuatan tekanan darah bisa berubah sewaktu-waktu karena dipengaruhi oleh aktivitas harian yang dilakukan. Hal ini bergantung pada kegiatan yang dilakukan jantung dan daya tahan pembuluh darah.

Tergolong darah tinggi apabila tekanan darah melebihi 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mengacu pada bacaan diastolik yang merupakan kondisi jantung dalam keadaan rileks. Sangat disarankan untuk rutin memeriksa tekanan darah, minimal lima tahun sekali. Ini dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan tubuh.

Gejala Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala. Pada beberapa kasus, penderita darah tinggi yang sudah parah bisa merasakan beberapa gejala yang terdiri dari sakit kepala, nyeri dada, sulit bernapas, denyut jantung tidak teratur, terdapat darah dalam urine (kemungkinan ada komplikasi dengan ginjal), mengalami masalah penglihatan (kemungkinan komplikasi ke retina mata), dan masih banyak lagi.

Apabila kondisi tekanan darah tidak terkontrol, maka penderitanya akan jatuh dalam kondisi krisis hipertensi. Lebih parahnya, kondisi ini bisa menyebabkan kegagalan organ, seperti serangan jantung atau stroke.

Penyebab Hipertensi

Ada beberapa faktor risiko yang perlu diwaspadai, seperti riwayat tekanan darah tinggi di keluarga, obesitas, merokok, dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis tekanan darah tinggi yang tentu memiliki penyebab yang berbeda. Pertama, hipertensi primer atau yang dikenal juga sebagai hipertensi esensial. Sebenarnya, penyebab hipertensi primer dapat berkembang dari waktu ke waktu tanpa penyebab yang bisa diidektifikasi. Meskipun demikian, ada beberapa faktor pemicu, seperti perubahan fisik, gen, dan lingkungan.

Selanjutnya, ada hipertensi sekunder yang bisa lebih parah dibandingkan dengan hipertensi primer. Penyebabnya bisa karena cacat jantung bawaan, masalah tiroid, efek samping obat, mengonsumsi obat-obatan terlarang, penyalahgunaan alkohol, sleep apnea abstruktif, dan tumor endokrin tertentu.

Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Alami

Hal yang perlu dilakukan sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Selalu lakukan olahraga teratur, batasi konsumsi garam, jaga berat badan agar tetap ideal, hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta hindari faktor penyebab stres.

Bisa juga dengan melakukan diet hipertensi yang dikenal dengan diet DASH. Ini merupakan diet yang mengatur pola makan agar tidak terjadi lonjakan tekanan darah. Ada beberapa makanan untuk hipertensi yang disarankan, seperti sayuran hijau, ikan tinggi omega-3, oatmeal, biji-bijian, buah-buahan (pisang, berries, dan bit), dan ganti minyak goreng menggunakan minyak zaitun.

Daftar Obat Darah Tinggi

Cara menurunkan darah tinggi bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup. Di sisi lain, dibutuhkan juga konsumsi obat yang tepat. Beberapa pilihan obat hipertensi adalah kalsium channel blocker, angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor, angiotensin II receptor blockers (ARB), diuretic, beta-blockers, dan omega-3 suplemen minyak ikan.

Cara kerja kalsium channel blocker adalah dengan memperlambat gerakan kalsium ke dalam sel jantung dan dinding pembuluh darah. Ini membuat jantung lebih mudah memompa dan memperlebar pembuluh darah. Angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor berfungsi memperlebar pembuluh darah. Ini meningkatkan jumlah darah yang dipompa jantung.Angiotensin II receptor blockers (ARB) hampir sama seperti ACE inhibitor, namun memliki mekanisme kerja yang berbeda.

Diuretik yang dikenal juga sebagai pil air fungsinya yaitu untuk membantu tubuh untuk membuang air dan garam yang tidak dibutuhkan melalui urine. Ini akan membantu menurunkan tekanan darah, sehingga jantung bisa memompa darah dengan lebih ringan. Beta-blockers adalah obat darah tinggi yang bekerja dengan cara memblokir efek dari sistem saraf simpatik pada jantung. Kemudian ada omega-3 suplemen minyak ikan yang juga bisa memelihara kesehatan jantung.

Obat Hipertensi di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli obat online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli obat darah tinggi. Temukan produk yang tepat untuk menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Cari dan temukan obat hipertensi yang Anda butuhkan dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua obat demam di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.