Batuk dan Flu

Penyebab Batuk Kering, Batuk Berdahak, dan Batuk Darah

Batuk adalah reaksi tubuh terhadap sesuatu yang masuk ke saluran pernapasan dan juga gejala penyakit tertentu. Jenis batuk yang sering dialami yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Keduanya disebabkan oleh faktor yang berbeda.

Penyebab batuk berdahak adalah infeksi virus atau bakteri.  Saat terjadi infeksi pada saluran pernapasan, maka tubuh akan memproduksi lendir lebih banyak, misalnya saat sedang flu.

Pada kondisi ini, tujuan batuk adalah mengeluarkan lendir untuk mempercepat penyembuhan dan melegakan pernapasan. Kondisi yang bisa menyebabkan batuk berdahak yaitu asma, bronchitis, pneumonia, penyakit paru obstrukyif kronik, dan post nasal drip.

Penyebab batuk kering bisa karena beberapa kondisi, yaitu asma, alergi, infeksi virus, dan penyakit asam lambung (GERD). Jenis batuk ini menimbulkan sesasi perih dan gatal di tenggorokan serta berlangsung lebih lama. Pada umumnya, batuk kering akan lebih parah saat malam hari.

Jenis lainnya ada juga batuk darah. Darah yang keluar saat batuk bisa berasal dari tenggorokan, paru-paru, atau saluran pernapasan yang ada di sekitarnya. Jenis batuk ini menandakan gangguan kesehatan yang serius. Beberapa penyakit yang jadi penyebabnya yaitu bronchitis, TBC, pneumonia, dan kanker paru (menurut American Academy of Family Physicians).

Cara Mengobati Batuk yang Cepat dan Mudah

Cara mengatasi batuk tergantung pada jenis dan penyebabnya. Pengobatannya bisa dengan obat batuk tradisional dan medis.

Beberapa obat batuk alami yang ampuh dan mudah didapatkan yaitu air jahe, madu, kumur air garam, bawang putih, kunyit, perasan air lemon, cuka apel, nanas, dll. Jika gejala batuk muncul, bisa segera perbanyak minum air putih, menjaga kelembapan udara dengan humidifier, mandi atau berendam air hangat, dll.

Cara mengobati batuk berdahak akibat virus bisa dengan istirahat yang cukup dan banyak minum air mineral. Jika batuk berdahak akibat bakteri, maka butuh antibiotik dan resep obat dokter. Cara mengatasi batuk kering bisa dengan minum obat batuk yang mengandung diphenhydramine HCI dan ammonium klorida.

Selalu konsultasikan masalah kesehatan kepada dokter atau tenaga medis profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Konsumsi obat sesuai petunjuk pada kemasan atau dosis yang disarankan dokter. Kembali hubungi dokter apabila obat yang dikonsumsi dirasa tidak meredakan penyakit.

Cara Mengatasi Batuk pada Anak

Batuk pada anak tidak bisa diatasi sembarangan karena sistem imun dan fungsi fisiologis tubuh anak masih berkembang. Kondisi ini membuat anak lebih sensitif terhadap efek samping obat OTC.

Sangat disarankan untuk melalukan pengobatan batuk alami terhadap anak, seperti pastikan anak banyak minum air putih, berikan madu alami sebelum tidur, dan oleskan minyak telon atau balsam anak pada dada atau punggungnya. Pemilihan obat batuk anak sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter anak.

Pilihan Obat Flu dan Batuk

Tidak jarang seseorang mengalami batuk pilek karena flu. Ketika flu, tubuh akan melawan virus dengan cara memproduksi lendir. Kondisi inilah yang akhirnya menimbulkan pilek dan batuk. Minum obat flu dan batuk bisa jadi solusi.

Beli obat batuk pilek biasanya bisa tanpa resep dokter, namun tidak boleh asal pilih. Beberapa kandungan obat flu dan batuk yang direkomendasikan dokter adalah yang terdiri dari paracetamol, succus liquiritiae extract, ammonium klorida, serta chlorphenamine maleate dan ephedrine HCI. Perlu menjadi catatan bahwa ketika batuk pilek, obat antibiotik tidak selalu dibutuhkan.

Obat Batuk Berdahak, Kering, dan Herbal di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli obat online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli obat batuk. Ada banyak pilihan obat batuk berdahak, obat batuk kering, obat batuk herbal dll. Selalu baca petunjuk penggunaan dan konsumsi sesuai dosis obat agar hasilnya maksimal dan cepat sembuh.

Cari dan temukan obat flu dan batuk yang Anda butuhkan dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua produk kesehatan kulit di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.