Anti Nyeri

Apa Itu Obat Anti Nyeri?

Obat anti nyeri adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri otot akibat jatuh atau cedera. Perlu menjadi catatan bahwa setiap obat anti nyeri tidak bisa menyembuhkan penyakit, namun kegunaannya untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.

Jenis Obat Anti Nyeri

Ada banyak pilihan obat anti nyeri yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Selain obat yang bisa diminum, jenis lainnya seperti salep anti nyeri, injeksi anti nyeri, anti nyeri semprot, dll. Masing-masing jenis obat tentu memiliki manfaat dan cara penggunaan yang berbeda-beda.

Salah satu jenis obat yang umum adalah paracetamol yang berfungsi sebagai obat penurun demam dan meredakan sakit kepala. Jenis obat yang satu ini pun dapat dengan mudah dibeli di apotek atau toko obat sekitar.

Obat untuk meredakan demam dan nyeri yaitu obat anti-inflammatory drugs (NSAID). Cara kerja NSAID lebih efektif untuk meredakan nyeri karena mampu memanipulasi enzim penyebab nyeri. Obat-obatan yang termasuk NSAID adalah ibuprofen, naproxen, dan diklofenak.

Obat sakit punggung yang juga berkaitan dengan kejang otot biasanya menggunakan obat relaksan otot. Sesuai dengan namanya, cara kerja relaksan otot yaitu untuk mengendurkan otot tubuh. Perlu diketahui bahwa reaksinya tidak langsung ke otot, melainkan pada otak. Beberapa jenis obat relaksan otot adalah cyclobenzaprine, carisoprodol, baclofen, dan eperisone.

Obat pereda nyeri saraf atau nyeri neuropatik adalah obat antikonvulsan. Obat ini biasanya dikonsumsi dalam jangka waktu yang ukup lama. Beberapa jenis obatnya yaitu carbamazepine, gabapentin, dan pregabalin. Efek samping obat antikonvulsan adalah pusing, mudah lelah, mual, mudah mengantuk.

Selanjutnya, ada juga obat antidepresan yang berfungsi untuk mengatasi depresi. Jenis obat antidepresan yaitu citalopram, sertraline, fluoxetine, paroxetine, obat selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), dan lainnya.

Penggunaan obat antinyeri ada baiknya dikonsultasikan dulu ke dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Meskipun demikian, ada beberapa jenis obat yang dijual bebas di apotek dan di pasaran. Terkait hal ini, selalu pastikan untuk baca dosis dan aturan pakainya.

Obat Anti Nyeri di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli obat online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli obat anti nyeri. Temukan produk yang tepat untuk mengatasi nyeri dan rasa sakit agar bisa beraktivitas seperti semula.

Cari dan temukan obat penghilang rasa sakit yang Anda butuhkan dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua obat anti nyeri di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.