Anti Virus

Apa Itu Virus?

Virus adalah organisme yang berukuran sangat kecil yang menjadi penyebab berbagai jenis penyakit. Namanya diambil dari bahasa latin yaitu virulae yang berarti menular.

Virus akan menempel pada sel tubuh untuk kemudian hidup dan berkembang menjadi virus lainnya. Ketika menempel, maka akan terjadi kerusakan sel. Pada umumnya bisa menyebabkan sel mati atau sel abnormal, sehingga berbahaya bagi tubuh.

Jenis Infeksi Virus

Infeksi adalah proses invasi dan multiplikasi berbagai mikroorganisme yang termasuk virus, bakteri, jamur, dan parasit ke dalam tubuh.

Jenis infeksi virus terdiri dari infeksi sistem pernapasan (rhinovirus, respiratory syncytial virus (RSV), influenza), infeksi pada kulit (Herpes simplex virus-1 (HSV-1), Varicella-zoster virus (VZV), Molluscum contagiosum), infeksi pada saluran pencernaan (rotavirus dan norovirus), dan infeksi melalui hubungan seksual (Human papillomavirus (HPV), Herpes simplex virus-2 (HSV-2), Human immunodeficiency virus (HIV), hepatitis B, dll).

Perbedaan Virus dan Bakteri

Perbedaan yang paling umum adalah hamper semua jenis virus berbahaya bagi tubuh, sedangkan bakteri tidak berbahaya. Beberapa bakteri malah bermanfaat bagi tubuh, seperti menjaga saluran pencernaan. Perbedaan lainnya yaitu bakteri memiliki struktur yang lebih kompleks dan bisa hidup atau berkembang secara mandiri, sedangkan virus membutuhkan sel inang.

Meskipun demikian, ada persamaan antara virus dan bakteri. Keduanya sama-sama berbahaya bagi tubuh. Penularannya juga hampir sama, yaitu melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, kontak firik, cairan tubuh, hingga gigitan nyamuk.

Obat Anti Virus Terbaik

Obat antivirus adalah obat yang diguankan untuk penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Cara kerja obat adalah dengan menghambat, membatasi reproduksi virus di dalam tubuh, bahkan mematikan virus. Beberapa infeksi virus yang ditangani dengan obat, yaitu influenza, hepatitis B, hepatitis C, herpes zoster, herpes simplex, Human immunodeficiency virus (HIV).

Obat anti virus terbaik tentu bisa didapatkan setelah mengetahui diagnosis infeksi yang dialami tubuh. Pemilihan obat antivirus tidak bisa sembarangan dan sangat disarankan untuk didiskusikan dengan dokter atau tenaga medis profesional lainnya.

Antivirus di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli obat online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli antivirus. Temukan produk yang tepat untuk mengobati infeksi.

Cari dan temukan produk antivirus dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua produk kesehatan kulit di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.