Kontrasepsi dan Hormon

Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi adalah media yang digunakan sebagai salah satu cara mencegah kehamilan dan penyebaran penyakit menular seksual (PMS), seperti sifilis, gonore, HPV, candidiasis, herpes genital, HIV, dll. Meskipun demikian, tingkat kegagalan alat kontrasepsi bisa terjadi apabila tidak digunakan dengan benar sesuai aturan atau dosis yang dianjurkan.

Macam-Macam Alat Kontrasepsi

Ada banyak jenis alat kontrasepsi pria dan wanita yang bisa dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan. Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling populer dan banyak digunakan karena mudah ditemukan di apotek dan minimarket. Jenisnya ada dua, yaitu kondom pria dan kondom wanita.

Bentuk alat kontrasepsi lainnya terdiri dari pil KB, suntik KB, implant, KB spiral atau IUD, spermisida, diafragma, cincin vagina, cervical cap, koyo ortho evra, dll. Ada juga metode kontrasepsi alami yang bisa dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan, yaitu metode amenore laktasi atau pemberian ASI eksklusif.

Jenis alat kontrasepsi yang sudah disebutkan adalah bersifat sementara. Ada metode kontrasepsi permanen yang bisa dilakukan pria, yaitu vasektomi. Metode ini membuat saluran yang membawa sperma akan ditutup dan membutuhkan operasi. Perlu diingat bahwa setiap metode kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tips Memilih Alat Kontrasepsi yang Aman

Pemilihan alat kontrasepsi sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti sesuaikan dengan rutinitas, kenali kondisi tubuh, tentukan kebutuhan jangka waktu penggunaan kontrasepsi, dan konsultasikan ke dokter terutama jika memiliki riwayat penyakit tertentu dan ingin menggunakan kontrasepsi jangka panjang.

Sebagai alat kontrasepsi yang banyak digunakan, belum banyak yang tahu bagaimana cara memilih kondom yang benar. Caranya, pilih bentuk dan ukuran kondom yang sesuai agar tetap nyaman ketika berhubungan seks, periksa bahan kondom karena bisa menimbulkan alergi, pilih kondom berpelumas untuk memudahkan penggunaan, lalu bisa juga pilih kondom bertekstur untuk meningkatkan sensasi bercinta.

Khusus untuk wanita, pertimbangkan juga ketika memilih pil KB atau KB spiral. Pastikan untuk konsultasikan dulu ke dokter untuk menghindari efek samping pil KB atau KB spiral.

Alat Kontrasepsi dan Hormon di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli obat online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli alat kontrasepsi dan hormon. Temukan produk berupa alat tes kehamilan, kondom, pil KB, alat bantu seks, dll. Selalu baca petunjuk penggunaan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cari dan temukan alat kontrasepsi dan hormon yang Anda butuhkan dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua produk kesehatan kulit di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.