Alat Kesehatan

Apa Itu Alat Kesehatan?

Alat kesehatan adalah instrumen, mesin, atau perlengkapan yang tidak mengandung obat. Fungsi alat kesehatan adalah untuk mencegah, mendiagnosis, meringankan penyakit, dan membantu proses pemulihan suatu penyakit.

Beberapa jenis alat kesehatan terdiri dari termometer untuk mengukur suhu tubuh, alat cek gula darah, tensimeter, jarum infus, selang infus, nebulizer, alat bantu dengar, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Alat Kesehatan yang Wajib Ada di Rumah

Jika membicarakan mengenai medical device, tentu ada banyak sekali jenisnya. Sering kali diabaikan, sebaiknya simpan beberapa jenis alat untuk selalu ada di rumah karena kita tidak pernah tahu kapan alat tersebut dibutuhkan. Beberapa alat kesehatan yang harus ada di rumah yaitu termometer, timbangan berat badan, tensimeter, alat cek gula darah, kotak P3K, dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu, demam adalah salah satu penyakit paling umum yang dialami. Oleh karena itu, menyediakan termometer di rumah adalah hal yang harus dipertimbangkan. Ketika mengetahui suhu tubuh naik, maka bisa segera melakukan pengobatan yang tepat.

Mungkin beberapa orang masih menyepelekan alat cek gula darah di rumah. Sebagian besar pemilik alat ini yaitu karena ada anggota keluarga yang memiliki penyakit diabetes. Sebenarnya alat yang kecil ini juga perlu ada di rumah, terlebih jika ada riwayat keluarga diabetes. Cara pakai alat pengukur gula darah juga cukup mudah dan praktis, terlebih sekarang ini ada yang digital.

Tips Memilih Alat Kesehatan yang Tepat

Toko alat kesehatan terdekat tentu menyediakan berbagai pilihan. Tidak jarang sebagai awam merasa bingung bagaimana cara memilih medical device yang tepat. Tepat di sini dalam arti bagus, berkualitas, bergaransi, dan harganya terjangkau.

Cara memilih alat kesehatan yang benar adalah mengenali merek alkes yang akan dibeli. Ketika sudah mengetahuinya, ada baiknya coba bandingkan dulu dengan merek lainnya sebelum memutuskan untuk membelinya. Di sini bisa dibandingkan fitur hingga harganya.

Langkah selanjutnya yaitu memeriksa lisensi atau izin produksi alat kesehatan yang akan dibeli. Ketika sudah memiliki izin produksi dan izin edar dari dinas kesehatan, maka produk kesehatan tersebut sudah terjamin kualitasnya. Jangan sesekali menggunakan alat kesehatan palsu karena tidak awet dan bisa saja berbahaya.

Beli di toko yang jual alat kesehatan terpercaya secara offline atau online. Ketika toko alat kesehatan sudah terpercaya, maka produk yang dijualnya tidak perlu diragukan kualitasnya. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan fisik dari alat yang akan dibeli. Apabila beli online, maka bisa cek testimoni pembeli atau tanyakan ke penjual mengenai kondisi produk melalui telepon.

Apabila masih ragu, tidak ada salahnya untuk minta rekomendasi dari penjual, kerabat, atau bahkan dokter yang biasa menangani Anda. Bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang murah.

Alat Kesehatan di DokterSehat

Salah satu fitur DokterSehat membantu Anda untuk beli perlengkapan medis online tanpa harus ke luar rumah, termasuk untuk beli alat kesehatan. Temukan produk yang tepat untuk menjaga kesehatan dan membantu penyembuhan penyakit tanpa perlu harus ke toko alat kesehatan.

Cari dan temukan alat kesehatan yang Anda butuhkan dengan cepat, mudah, dan praktis. Semua perlengkapan medis di DokterSehat memiliki izin edar, aman, terdaftar BPOM, asli, berkualitas, dan harganya terjangkau.