Terbit: 25 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Mecobalamin obat apa? Mecobalamin adalah salah satu bentuk lain dari vitamin B12 atau cobalamin. Mecobalamin juga biasa disebut dengan Metilkobalamin. Mecobalamin adalah merupakan jenis senyawa vitamin yang larut dalam air. Bentuknya yang secara fisiologis sama seperti vitamin B12 membuatnya dapat digunakan untuk mengatasi masalah defisiensi vitamin B12.

Mecobalamin: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Manfaat Mecobalamin

Mecobalamin biasanya digunakan bersama dengan obat untuk mengetasi berbagai macam keluhan tubuh akibat dari kekurangan vitamin B12. Secara umum, vitamin B12 sangat berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh, pembentukan sel darah merah, pembentukan DNA, dan juga sel saraf. Berikut adalah kondisi yang dapat diatasi dengan penggunaan Mecobalamin:

  • Mecobalamin dapat membantu defisiensi vitamin B12 atau dapat mengatasi berbagai penyakit yang penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12.
  • Mecobalim yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah mampu untuk mengobati penyakit anemia megalobastik. Faktor kekurangan vitamin B12 juga merupakan salah satu penyebab anemia.
  • Mecobalamin dapat mengobati nyeri atau kebas akibat kerusakan saraf tepi yang biasa disebut dengan neuropati perifer.

Dosis Mecobalamin

Mecobalamin tersedia dalam bentuk tablet 1 mg dan 5 mg dan juga parenteral (suntik). Berikut adalah dosis yang umum diberikan untuk kondisi tertentu yang membutuhkan Mecobalamin.

Dosis Mecobalamin untuk Dewasa

Berikut adalah dosis Mecobalamin tablet dan suntik untuk dewasa dengan kondisi tertentu:

  • Dosis Mecobalamin untuk mengobati anemia akibat defisiensi B12 :
  • Mecobalamin parenteral 500 mcg/hari diberikan 3 kali seminggu.
  • Dosis Mecobalamin untuk mengobati neuropati perifer:
  • Mecobalamin tablet 500 mcg/hari diberikan 3 kali sehari.
  • Mecobalamin parenteral (suntik) 500 mcg/hari diberikan 3 kali seminggu.

Mecobalamin umumnya diberikan bersama jenis vitamin B12 lainnya atau bersama obat lainnya. Jangan mengganti dosis tanpa konsultasi dengan dokter atau apoteke terlebih dulu.

Dosis Mecobalamin untuk Anak

Belum ditemukan dosis Mecobalamin untuk anak-anak. Penggunaan obat ini pada anak-anak sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Dosis Mecobalamin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa menurut US Food and Drugs Administration (FDA), terdapat 5 kategori obat untuk ibu hamil dengan rincian sebagai berikut:

Kategori A: Dapat diterima, melalui penilitian pada wanita hamil, tidak ada bukti kerusakan janin.

Kategori B: Mungkin dapat diterima, telah melalui penelitian dengan uji coba hewan, namun belum diteliti langsung pada manusia.

Kategori C: Digunakan dengan hati-hati. Uji coba pada hewan menunjukkan adanya efek samping pada janin.

Kategori D: Terbukti dapat menimnulkan risiko pada janin manusia.

Kategori X: Tidak boleh digunakan pada wanita hamil.

Selain 5 kategori di atas, terdapat juga kategori N/A atau obat yang belum memiliki keterangan boelh aau tidaknya dikonsumsi oleh wanita hamil. Mecobalamin termasuk pada kategori C, artinya harus digunakan dengan hari-hati dan sesuai aturan dokter. Sedangkan untuk penggunaan pada ibu menyusui, belum ditemukan kasus berbahaya akibat penggunaan Mecobalamin pada ibu menyusui. Namun agar lebih aman sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Efek Samping Mecobalamin

Mecobalamin yang merupakan jenis senyawa vitamin sebenarnya relatif aman untuk dikonsumsi. Tetapi bukan berarti tidak ada sama seklai efek samping yang muncul setelah penggunaan obat ini. Meskipun gejalanya ringan, tapi biasanya Mecobalamin yang diberikan secara oral menimbulkan efek samping seperti nafsu makan menurun, diare, dan juga mual serta muntah.

Sedangkan untuk Mecobalamin yang diberikan dalam bentuk suntik biasanya akan menimbulkan efek samping seperti ruam merah, keringat berlebih, sensasi panas seperti terbakat, dan juga sakit kepala. Jika efek samping yang muncul ringan, kemungkinan akan hilang tidak lama setelah penggunaan obat.

Efek samping lain yang mungkin muncul namun sanbat jarang terjadi adalah sesak napas, lemas, tungkai membengkak dan syok anafilaktik. Jika efek samping yang muncul semakin berat, segera hentikan penggunaan obat dan segera konsultasikan ke dokter.

Perhatian dan Peringatan

Berikut adalah beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan peringatan bagi Anda sebelum menggunakan obat Mecobalamin:

  • Penggunaan obat ini untuk pasien hipertensi, gangguan pernapasan dan paru, gangguan pemnuluh darah, dan gangguan jantung harus berhati-hati dan harus di bawah pengawasan dokter.
  • Diskusikan dengan dokter tentang riwayat penyakit Anda karena penggunaan Mecobalamin bersamaan dengan obat resep, obat non-resep, maupun obat herbal bisa menimbulkan interaksi obat yang menurunkan kerja obat dan meningkatkan efek samping.
  • Hindari pengunaan obat pada pasien yang sering terpapar merkuri.

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi