Terbit: 17 Januari 2018 | Diperbarui: 18 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kopi kini menjadi minuman yang dinikmati oleh semua kalangan, baik pria ataupun wanita. Rasanya yang nikmat dianggap bisa menjadi penyegar pikiran dikala penat atau dijadikan teman untuk mengobrol. Hanya saja, bagi kaum hawa, ada baiknya mereka tidak sembarangan dalam minum kopi karena jika tidak, maka mereka akan mengalami efek samping seperti sebagai berikut.

Wanita yang Suka Minum Kopi Harus Mewaspadai Efek Samping Ini

Gelisah dan gangguan tidur
Banyak kaum hawa pecinta kopi yang mengalami sindrom kafeinisme yang membuat mereka mengalami kecemasan berlebih, gelisah, hingga gangguan tidur. Bahkan, banyak wanita yang sampai ketergantungan minum kopi, apalagi saat mereka masih mengantuk atau kurang bersemangat.

Gangguan pencernaan
Konsumsi kopi dalam jangka panjang ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lambung. Hal ini disebabkan oleh kandungan kopi yang mampu mengiritasi dinding lambung sehingga memicu gangguan asam lambung atau bahkan diare.

PMS
Jika wanita yang sedang dalam fase PMS mengkonsumsi kopi, maka gejala PMS yang Ia derita akan menjadi lebih parah. Tak hanya kram perut, mereka juga akan mengalami masalah perut kembung hingga sakit kepala. Banyak wanita yang bahkan mengaku sampai kesulitan untuk beraktifitas dengan normal gara-gara hal ini.

Gangguan kehamilan
Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi karena dikhawatirkan bisa memicu dampak buruk bagi kondisi janin di dalam kandungan. Namun, jika mereka memang sudah kecanduan kopi, masih boleh-boleh saja mengkonsumsinya asalkan tidak melebihi 2 gelas dalam sehari. Jika mereka tidak mengindahkan rekomendasi ini dan minum kopi dalam jumlah banyak, dikhawatirkan mereka akan lebih rentan terkena keguguran.

Program KB
Wanita yang memakai kontrasepsi berupa pil KB juga sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi dengan berlebihan karena bisa memicu efek samping seperti sakit kepala dan gelisah.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi