Terbit: 10 March 2018 | Diperbarui: 13 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kopi memang bisa memberikan tambahan semangat dan mengurangi kantuk. Efek inilah yang menyebabkan sebagian besar masyarakat termasuk wanita mengonsumsinya dalam bentuk kopi murni, kopi susu, atau olahan lain yang dianggap nikmat.

Wanita Pencinta Kopi, Waspadai Dampak Kafein Ini

Pada pria, kopi tidak akan memberikan efek samping secara langsung kecuali rasa ingin kencing yang berlebihan. Namun, pada wanita berbeda. Efek negatif dari kopi bisa membuat wanita cukup tersiksa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Duke University, kafein yang ada pada kopi bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Dampaknya, wanita akan mengalami rasa sakit pada dada seperti saat PMS. Selain masalah pada dada, kafein pada kopi juga menyebabkan beberapa masalah di bawah ini.

Memperburuk PMS pada wanita

Konsumsi kopi yang berlebih pada wanita bisa menyebabkan munculnya gangguan pada wanita yang mengalami PMS. Kalau PMS biasanya muncul 1-2 hari sebelum menstruasi tiba, rasa sakit pada dada bisa muncul 1-2 minggu sebelum rahim luruh dan keluar dari vagina dalam bentuk darah.

Untuk membuat wanita tidak mengalami sakit saat PMS dan mengganggu kehidupan mereka, disarankan untuk membatasi kopi. Kalau sehari biasanya 2-3 cangkir bisa dikurangi jadi 1 cangkir saja.

Terjadinya Fibrocystic Breasts

Wanita yang mengonsumsi kopi terlalu banyak bisa mengalami pelembutan payudara. Kalau payudara awalnya lebih kencang, setelah mengonsumsi kopi jadi agak lebih kendur sehingga mengganggu estetika.

Selama kondisi ini tidak menyebabkan rasa sakit mungkin tidak masalah. Namun, kalau Anda merasakan sakit, segera batasi konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya.

Kerja Mammogram terganggu

Mammogram adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi ada atau tidaknya kanker payudara. Kalau wanita kerap mengonsumsi kopi, alat akan susah mendeteksi ada atau tidaknya sel berbahaya itu pada payudara.

Nah, dari fakta di atas, mari kurangi konsumsi kopi yang terlalu berlebihan karena bisa membahayakan kesehatan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi