Terbit: 13 March 2018 | Diperbarui: 14 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pria dan wanita sama-sama memiliki obsesi pada tubuhnya. Kalau pria terobsesi dengan ukuran dari penis yang dimilikinya, wanita terobsesi dengan ukuran payudara. Kaum hawa menginginkan payudara yang proporsional atau cenderung besar.

Payudara Besar atau Kecil? Inilah Ukuran yang Idealnya

Untuk mendapatkan payudara yang dianggap sesuai dengan standar, wanita melakukan banyak cara.  Ada yang mengoperasi dan menambahkan silikon di dalamnya dan ada yang menggunakan minyak tertentu yang dipercaya mampu memperbesar ukuran dengan cepat.

Sebenarnya ukuran payudara wanita yang ideal itu sebesar apa? Lantas apakah pria selalu menginginkan payudara yang besar?

Faktor yang memengaruhi ukuran payudara wanita

Payudara mulai berkembang saat perempuan berusia 8 tahun. Saat memasuki usia puber, ukuran ini akan berkembang signifikan sebelum akhirnya berhenti saat berusia 20-an tahun.

Saat masa pertumbuhan dan puber inilah besar dan kecilnya payudara dari wanita ditentukan. Kalau nutrisi yang masuk ke dalam tubuh seimbang, payudara bisa berkembang dengan sempurna. Namun, kalau terhambat, ukurannya bisa saja tetap kecil.

Faktor lain yang memengaruhi besar dan kecilnya payudara adalah lemak, jaringan ikat, dan kelenjar susu. Selanjutnya, seseorang yang keluarganya memiliki gen dada berukuran besar juga cenderung mendapatkan dada berukuran besar.

Ukuran payudara yang dianggap ideal

Ukuran payudara ideal setiap orang berbeda-beda. Bahkan pria dan wanita memiliki pandangan sendiri tentang organ ini. Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, sebanyak 53% pria lebih menyukai wanita dengan dada sedang lalu 35% pria suka wanita dengan ukuran dada besar.

Masih dari penelitian yang sama, wanita yang terobsesi dengan dada besar mencapai 60%. Selanjutnya wanita yang tidak masalah dengan dadanya yang berukuran sedang sebanyak 30%.

Terlepas dari ukuran dada ideal dari wanita di mata pria, kesehatan tetap nomor satu. Tidak masalah dada berukuran sedang yang penting sehat dan bebas dari penyakit seperti kanker. Benar tidak Kawan Sehat?

 


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi