Terbit: 1 Maret 2018 | Diperbarui: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berada di dalam rahim ibu selama 9 bulan membuat bayi lahir tanpa mengenal konsep waktu. Saat bayi, konsep waktu yang ia ketahui hanyalah kapan merasa lapar dan harus menyusu, serta kapan waktunya tidur. Bagi bayi, yang ia kenal hanya siklus biologis dan bukan siklus geologis seperti siang dan malam. Bisakah bayi dilatih untuk mengenal konsep waktu?

Tips Mengajarkan Konsep Siang dan Malam pada Bayi

Pada bayi yang baru lahir, ia akan sering terbangun di malam hari untuk menyusu. Sering kali ia akan membangunkan ibunya saat tengah malam untuk menyusu. Hal ini wajar, karena bayi yang masih menyusu belum memiliki jadwal tidur yang teratur. Selain itu, bayi masih sering menyusu karena lapar.

Ketika bayi berusia 3 bulan, ia sudah mulai memiliki jam biologis yang lebih teratur. Pada usia ini Anda sudah bisa mengajarinya untuk mengenal siang dan malam sehingga tidak sering terbangun di tengah malam.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain dengan mengajaknya bermain atau banyak beraktivitas di pagi dan siang hari. Ajaklah anak keluar rumah pada pagi hari untuk berjemur atau jalan-jalan pagi agar anak menghirup udara segar sekaligus mengenal berbagai jenis aktivitas di luar rumah. Awalnya mungkin bayi tidak akan merespon, namun dengan mendengar suara atau kebisingan di luar rumah, ia mampu menangkap bahwa pagi hingga siang hari adalah saatnya beraktivitas.

Selain itu Anda juga bisa mengenalkan konsep malam pada bayi. Jika Anda ingin mengatur agar bayi tidur pukul 9 malam, maka ajaklah bayi ke kamar pada pukul 9 dan redupkan semua lampu kamar. Jangan mengajak bayi untuk bermain atau beraktivitas berat agar bayi mengerti bahwa malam adalah waktunya untuk beristirahat. Lama kelamaan anak akan mengerti perbedaan siang dan malam dan mulai mengikuti siklus geologis orang dewasa.

Melatih bayi mengenal konsep waktu tentunya tidak bisa selesai dalam 1-2 hari. Namun terus lakukan hingga anak mulai paham apa yang harus dilakukan ketika siang dan malam. Perhatikan juga waktu yang dibutuhkan anak untuk tidur. Bayi berusia 0-2 bulan biasanya tidur 16 jam sehari sedangkan bayi berusia 3 bulan tidur selama 15 jam per hari. Tidur yang cukup akan menunjang perkembangan bayi.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi