Terbit: 27 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Berbelanja kebutuhan rumah tangga di supermarket bukan hanya kegiatan milik ibu saja. Anda juga bisa mengajak anak untuk ikut berbelanja. Selain dapat mengenalkan anak tentang berbagai bahan kebutuhan rumah tangga, Anda juga bisa mengajarkan anak tentang transaksi jual beli, kebiasaan mengantre, dan sebagainya. Agar suasana berbelanja Anda dan anak lancar, simak beberapa tips yang bisa Anda coba:

Tips Mengajak Anak Berbelanja di Supermarket

1. Buat daftar belanja terlebih dahulu
Membuat daftar belanja merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Selain dapat mengontrol apa saja yang perlu Anda beli, daftar belanjaan membantu Anda agar tidak boros. Selain itu jika berbelanja terlalu lama, anak bisa merasa bosan, ngantuk dan rewel.

2. Libatkan mereka
Saat berbelanja, Anda bisa mengajaknya ikut memilih barang-barang kebutuhan rumah tangga Anda. Misalnya, “Mau pasta gigi rasa strawberry atau rasa jeruk?”, “Kalau mau cuci piring, perlu apa saja selain spons cuci piring?” dan sebagainya. Hal ini dapat membuat anak semangat dan antusias saat belanja dan menumbuhkan perhatian pada hal-hal kecil di rumah.

3. Makan sebelum berbelanja
Berbelanja bersama anak kadang membuat anak menghabiskan waktu lama di daerah camilan atau makanan manis seperti permen dan cokelat. Boleh-boleh saja sesekali Anda membelikan anak Anda camilan-camilan tersebut. Namun jika dibiasakan, anak-anak akan selalu melakukannya setiap kali pergi ke supermarket. Untuk mengurangi kebiasaan tersebut, Anda bisa menghindarinya dengan makan dahulu sebelum berbelanja. Selain itu berbelanja dengan perut yang terisi juga dapat mengurangi anak rewel atau lapar saat berbelanja.

4. Selipkan permainan
Saat belanja, Anda bisa menyelipkan permainan seperti menebak nama buah atau sayuran, mainan timbangan. juga memilih mana buah yang kondisinya baik dan buruk. Hal ini bisa membantu perkembangan motorik anak, mengenalkan tekstur dan aroma, menambah pengetahuan dan mengasah daya ingat.

5. Ajak anak ke kamar mandi terlebih dahulu
Kadang saat sedang asyik berbelanja, anak Anda tiba-tiba ingin pipis. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa mengajaknya untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum berangkat ke supermarket atau ketika baru saja tiba di supermarket. Jika terpaksa harus ke toilet di tengah-tengah acara belanja, parkirkan troli atau keranjang di tempat sepi yang mudah Anda ingat atau titipkan sementara pada petugas supermarket terdekat, baru ajak anak Anda ke toilet.

6. Berikan hadiah jika anak berperilaku baik
Saat anak bersikap baik di tempat umum, Anda boleh sesekali memberinya hadiah. Hal ini dapat membuat anak tahu bagaimana seharusnya bersikap di tempat umum. Saat memberi hadiah, biasakan memberi hadiah mainan edukatif, buku gambar atau buku cerita yang akan membantu kecerdasannya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi