Terbit: 25 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah warna jingga, baik kulit atau daging buahnya, cukup sering kita konsumsi. Buah berwarna jingga yang mudah kita peroleh adalah jeruk dan mangga. Selain warnanya yang segar dan menggoda. Buah warna jingga umumnya kaya akan vitamin A dan C. Namun buah jingga tidak hanya kaya kandungan gizi namun juga kandungan zat non gizi yang juga bermanfaat untuk tubuh yaitu zat fitokimia.

Suka Buah Warna Jingga? Ini Manfaatnya

Zat fitokimia umumnya ada pada buah yang berwarna, namun kandungan atau jenis zat fitokimia yang ada pada masing-masing jenis warna buah berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini yang menyebabkan buah memiliki banyak warna dan kandungan yang berbeda pula di masing-masing jenisnya. Menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis dalam bukunya yang membahas tentang buah, pada buah dengan warna jingga kandungan utama zat fitokimia yang terdapat didalamnya adalah adalah betakaroten.

Betakaroten memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain sebagai antioksidan yang merupakan manfaat utama dari adanya zat fitokimia pada buah, betakaroten terkenal akan manfaatnya sebagai provitamin A untuk tubuh. Provitamin adalah prekusor dari suatu vitamin yang memudahkan penyerapan vitamin ke dalam tubuh. Betakaroten merupakan provitamin A yang menjadi unsur paling penting bagi penyerapan vitamin A ke dalam tubuh kita. Dengan adanya asupan bahan makanan yang tinggi vitamin A disertai dengan tersedianya betakaroten dalam tubuh maka vitamin A dalam tubuh tersedia dalam bentuk yang mudah serap sehingga manfaat dari vitamin A dapat dirasakan tubuh dengan lebih maksimal.

Asupan buah atau bahan makanan yang mengandung betakaroten sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain dari mangga dan jeruk, kandungan betakaroten cukup banyak diperoleh pada buah melon yang daging buahnya berwarna jingga, serta buah aprikot. Namun betakaroten terbukti pula terdapat pada sayur yang tinggi kandungan vitamin A seperti wortel dan cabai.

Dengan mengonsumsi buah yang berwarna jingga tidak hanya asupan vitamin dan mineral saja yang tercukupi, namun penyerapan vitamin khususnya vitamin A juga akan menjadi semakin baik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi