Terbit: 22 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Buah pepaya mudah ditemukan baik di pasar maupun supermarket. Selain harganya murah, manfaatnya juga banyak termasuk manfaat pepaya untuk diet dalam pembahasan berikut ini!

Tips dan Manfaat Pepaya untuk Diet

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya

Sebagai buah tropis, pepaya dapat ditemui di hampir semua negara Asia dan Amerika bagian tengah dan selatan. Dengan daging buah yang lembut dan manis serta warna mencolok, pepaya enak dimakan langsung maupun dijadikan smoothie, rujak, dan salad buah.

Pepaya kaya akan vitamin dan mineral penting bagi kesehatan tubuh. Buah berwarna oranye ini mengandung kalsium, vitamin A, vitamin C, riboflavin, serat alami, dan air. Pepaya juga mengandung suatu zat khusus yang disebut papain.

Papain berfungsi sebagai pemicu tubuh untuk lebih mudah menyerap protein. Papain juga sering dimanfaatkan sebagai bahan produk perawatan kulit.

Baca Juga: 15 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Pepaya untuk Diet

Selain untuk kesehatan tubuh secara umum, pepaya juga dipakai secara luas untuk program penurunan berat badan. Kandungan fruktosa di dalamnya akan memberi energi pada tubuh agar tidak lemas selama diet.

Selain itu, ada beberapa manfaat pepaya untuk diet, misalnya:

1. Kandungan airnya menghidrasi tubuh

Kandungan air pada pepaya sangat tinggi. Air ini berguna untuk menghidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi.

Kadar air yang cukup di dalam tubuh akan membantu meluruhkan racun dan zat-zat tidak berguna melalui air seni atau keringat. Dengan sifat menghidrasi ini pepaya juga membuat proses penurunan berat badan lebih mudah.

2. Membuat kenyang lebih lama

Pepaya mengandung banyak serat. Kabar baiknya, serat yang tinggi ini akan menahan rasa kenyang lebih lama bertahan. Hal ini akan membuat orang yang mengkonsumsi pepaya selagi diet tidak berselera makan dalam porsi besar.

Baca Juga: Diet Semangka Efektif Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu?

3. Rendah lemak

Pepaya hanya mengandung 1 gram lemak di dalam 100 gramnya. Hal ini tentu sangat baik untuk diet karena konsumsi lemak tinggi pasti akan mengacaukan program penurunan berat badan.

4. Memperlancar metabolisme dan mengecilkan perut

Serat tinggi yang dimiliki oleh pepaya akan memudahkan pencernaan bekerja serta menyerap nutrisi untuk tubuh. Buang air jadi lancar tanpa hambatan.

Pembuangan sisa makanan yang lancar akan membantu mengecilkan ukuran perut. Terutama perut bagian bawah.

Baca Juga: 10 Tanda Harus Diet Mulai Hari Ini, Jangan Ditunda!

Tips Konsumsi Pepaya untuk Diet

Buah pepaya sangat cocok untuk diet. Memiliki rasa manis, enak, dan harganya pun terjangkau. Ini tips konsumsi pepaya untuk diet:

  • Makan buah pepaya sebelum makanan utama. Ingat, makan buah harusnya sebelum makan besar, bukan setelahnya, ya!
  • Buah mengandung serat yang akan memudahkan pencernaan asupan makanan besar setelahnya.
  • Anda bisa mengolah pepaya jadi segelas jus, rujak porsi kecil, salad buah, sop buah, atau dimakan langsung juga mantap.
  • Bisa juga campur potongan pepaya untuk satu porsi oatmeal dan sereal saat sarapan.
  • Bila ingin tetap bisa ngemil saat diet di jam makan siang, makan buah pepaya saja!
  • Untuk cemilan malam, coba konsumsi sepotong pepaya dengan yoghurt original rendah lemak.
  • Hati-hati jangan sampai mencampur terlalu banyak gula pada olahan pepaya Anda, ya!

Itu dia manfaat pepaya untuk diet. Selain baik untuk kesehatan, pepaya juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Namun ingat, imbangi juga dengan olahraga dan asupan gizi seimbang termasuk dari sayur, jenis buah lain dalam porsi yang cukup. Batasi juga asupan kalori, lemak, dan karbohidrat tinggi dari makanan lainnya, ya. Semoga sukses diet!

 

  1. Entertainment Times. 2019. 8 benefits of eating papaya. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/8-benefits-of-eating-papaya/articleshow/68989314.cms. (Diakses pada 18 November 2021).
  2. Entertainment Times. 2018. Here’s how papaya can help you lose weight! https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/weight-loss/heres-how-papaya-can-help-you-lose-weight/articleshow/64175033.cms. (Diakses pada 18 November 2021).
  3. Higuera, Valencia. 2019. All About Papaya: Nutrition Facts, Health Benefits, Side Effects, How to Eat It, and More. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/papayas-nutrition-benefits-risks-how-eat-more/. (Diakses pada 18 November 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi