Terbit: 4 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Badan lemas dapat menyebabkan aktivitas sehari-hari terhambat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu. Salah satu asupan yang baik adalah jus. Apa saja pilihan jus untuk badan lemas? Simak ulasannya berikut ini.

16 Pilihan Jus yang Bisa Anda Coba untuk Meningkatkan Stamina

Pilihan Jus untuk Mengatasi Badan Lemas

Badan lemas bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kurang rehidrasi tubuh, tidak mendapatkan istirahat yang cukup, dan daya tahan tubuh yang sedang menurun.

Nah, agar tubuh kembali berenergi, asupan makanan dapat menjadi solusinya. Tentunya makanan yang dikonsumsi haruslah tinggi nutrisi untuk menunjang aktivitas harian Anda.

Salah satu asupan untuk mengatasi badan lemas sekaligus meningkatkan stamina tubuh adalah jus. Baik jus buah maupun jus sayur, keduanya dapat menjadi asupan sehat.

Berikut adalah pilihan jus untuk badan lemas yang bisa Anda buat, di antaranya:

1. Seledri

Konsumsi jus seledri diketahui dapat meningkatkan energi, menyeimbangkan hormon dalam tubuh, dan mengurangi peradangan.

Tak hanya sebagai jus untuk badan lemas, jus seledri juga dapat mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan psoriasis.

2. Wortel

Salah satu pilihan jus untuk mengatasi badan lemas berikutnya adalah jus wortel. Satu cangkir jus wortel mengandung gula sekitar 9 gram. Nah, gula ini kemudian akan dimetabolisme oleh tubuh menjadi energi.

3. Alpukat

Alpukat termasuk jus buah untuk badan lemas yang bisa Anda konsumsi rutin. Buah yang satu ini mengandung nutrisi lengkap yang dapat menunjang kesehatan.

Sebuah studi melaporkan, alpukat mengandung berbagai nutrisi dan serat. Dengan begitu, konsumsi buah ini dapat menjaga energi Anda selama menjalani aktivitas seharian.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang dapat membantu tubuh berenergi sepanjang hari.

4. Goji Berry

Buah goji beri kaya akan antioksidan. Antioksidan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk meningkatkan energi.

Berdasarkan penelitian goji berry menghadirkan banyak nutrisi, memiliki efek anti-penuaan, dan merupakan sumber antioksidan yang baik.

5. Apel

Apel termasuk salah satu jus untuk badan lemas. Selain dengan cara dijus, Anda juga dapat mengonsumsinya secara utuh.

Menurut sebuah studi, apel dapat menjadi camilan sehat untuk menjaga energi Anda tetap terjaga. Pasalnya, buah ini mengandung serat dan nutrisi sehat lainnya.

Perlu Anda ketahui, flavonoid (antioksidan dalam apel), dapat mengatasi stres oksidatif sekaligus mengurangi peradangan di tubuh.

Konsumsi jus apel dapat menyeimbangkan pasokan gula ke otak dan otot sekitar satu jam atau lebih.

6. Stroberi

Stroberi mengandung mineral, vitamin C, asam folat, dan fenol (jenis antioksidan). Dengan demikian, konsumsi buah merah yang satu ini dapat mengatasi kondisi badan lemas.

Sebuah studi mengungkapkan, kandungan-kandungan tersebut kemungkinan dapat membantu tubuh memproduksi energi dalam tingkat sel.

Baca Juga: 12 Penyebab Badan Lemas dan Tidak Bersemangat

7. Bit

Jus untuk badan lemas selanjutnya adalah jus bit. Bit merupakan sumber bahan kimia alami yang dikenal dengan nitrat. Tubuh kemudian akan mengubah nitrat menjadi nitrogen oksida yang bertindak membantu aliran darah dalam tubuh.

Gula alami dalam bit disertai proses tersebut akan membantu tubuh meningkatkan energi dan stamina.

8. Buah Berry Berwarna Gelap

Buah-buahan berry yang berwarna gelap, yakni bluberi, raspberry, dan blackberry termasuk jenis buah yang ampuh bantu meningkatkan energi tubuh, terutama di saat tubuh ingin asupan makanan manis.

Buah-buahan berwarna gelap dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik. Seperti diketahui, antioksidan dapat melawan peradangan dalam tubuh serta mengatasi kelelahan.

9. Jahe

Kurang familiar dengan jus jahe? Ternyata jus ini bisa menjadi pilihan jus untuk badan lemas. Jus jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh. Dengan begitu, konsumsi jahe dapat menambah energi sekaligus memperbaiki suasana hati.

Selain itu, konsumsi jahe dapat melancarkan kesehatan pencernaan sehingga metabolisme tubuh akan meningkat. Alhasil, energi dalam tubuh juga ikut meningkat.

10. Kiwi

Kiwi bisa Anda olah menjadi jus. Konsumsi minuman yang satu ini akan memberikan asupan vitamin B, vitamin C, dan potasium. Kandungan-kandungan tersebut berkontribusi terhadap peningkatan energi, stamina, dan pemulihan otot.

11. Jeruk

Buah segar yang satu ini menyediakan lebih dari 100 % kebutuhan vitamin C harian. Tak cuma itu, jeruk juga memiliki 10 % kebutuhan karbohidrat dari gula. Perlu diketahui, karbohidrat yang berasal dari gula dapat meningkatkan energi tubuh.

Buah-buahan yang termasuk ke dalam keluarga citrus dikenal dapat meningkatkan energi dan vitalitas secara keseluruhan.

12. Nanas

Selain enak, jus buah untuk badan lemas ini mengandung gula alami, vitamin C, dan vitamin B1. Berbagai kandungan tersebut baik untuk meningkatkan metabolisme, menambah energi, dan menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Sindrom Kelelahan Kronis: Ciri-Ciri, Penyebab, Pengobatan, dll

13. Pisang

Buah pisang merupakan buah yang tinggi serat dan sumber gula alami. Serat akan membantu memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh.

Selain itu, berbagai nutrisi penting juga terkandung dalam buah ini. Nutrisi tersebut akan membantu tubuh memperoleh energi.

14. Pir

Pir dapat dijadikan jus untuk badan lemas Anda. Buah ini mengandung serat, tembaga, vitamin C, vitamin K, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Pir diketahui dapat menjadi sumber energi alami. Anda dapat mengonsumsinya secara utuh, memotongnya menjadi bagian-bagian  kecil, atau mengolahnya menjadi jus.

15. Semangka

Salah satu pilihan jus buah untuk badan lemas lainnya adalah jus semangka. Buah yang satu ini mengandung beragam nutrisi yang dapat meningkatkan energi.

Kandungan dalam buah ini, antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, pantothenic acid, tembaga, kalium, biotin, magnesium, dan nutrisi lain.

16. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang bisa dijadikan sumber energi alami. Dengan konsumsi buah ini, badan lemas Anda bisa teratasi.

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, tembaga, serat, asam folat, pantothenic acid, dan masih banyak lagi.

Anda dapat mengonsumsi buah pepaya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus sehat.

Itulah berbagai pilihan jus untuk badan lemas. Ingin berstamina selama menjalani aktivitas sehari-hari? Kombinasikan konsumsi jus di atas dengan pola hidup sehat.

 

  1. Cheng, Jiang, dkk. 2015. An Evidence-Based Update on the Pharmacological Activities and Possible Molecular Targets of Lycium Barbarum Polysaccharides. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4277126/ (Diakses 01 Maret 2022).
  2. Dreher, Mark., & Davenport, Adrienne J. 2013. Hass Avocado Composition and Potential Health Effects. Jurnal. Critical Reviews in Food Science and Nutrition.Tersedia: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3664913/ (Diakses 01 Maret 2022).
  3. Giampieri, dkk. 2014. Strawberry and Human Health: Effects Beyond Antioxidant Activity.
    https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24450925/. (Diakses 01 Maret 2022).
  4. Horstman, Edie. 2021. A Nutritionist Shares 10 High-Energy Juice Recipes to Take Your Health to the Next Level.
    https://camillestyles.com/wellness/juice-recipes-for-energy/ (Diakses 01 Maret 2022).
  5. Johnson, Jon. 2018. What Are the Best Foods to Eat for Energy?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323947 (Diakses 01 Maret 2022).
  6. Meah, Asad. 2021. Top 10 Fruits To Keep You Energised. https://www.awakenthegreatnesswithin.com/top-10-fruits-to-keep-you-energised/ (Diakses 01 Maret 2022).
  7. Wang, Nan, dkk. 2018. Malus Sieversii: The Origin, Flavonoid Synthesis Mechanism, and Breeding of Red-Skinned and Red-Fleshed Apples. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6186759/ (Diakses 01 Maret 2022).
  8. Zelman, Kathleen M. 2021. Foods That Boost Your Energy. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-food-energy-boost (Diakses 01 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi