Terbit: 4 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ayah memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak, termasuk dalam pola makan anak. Pada usia anak 2-3 tahun, anak akan banyak meniru kebiasaan orang tua, termasuk meniru pola makan ayah dan ibunya.

Peran Penting Ayah dalam Mengatur Pola Makan Anak

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Texas menyebutkan bahwa orang tua yang sering mengajak anak untuk makan di restoran atau kedai cepat saji dapat memengaruhi pilihan dan selera makan anak.

“Sejauh ini pengaruh terbesar seberapa sering anak makan di luar rumah tergantung dari seberapa sering ayah mengajak anak unuk makan di luar rumah. Hal ini disebabkan karena ayah ingin melakukan ‘me time’ dengan anak dan yang paling mudah dilakukan adalah makan di luar rumah atau di kedai cepat saji,” urai Alex McIntosh, profesor sosiologi di Texas A&M University, seperti dikutip dari laman abcnews.

Sering mengonsumsi makanan cepat saji tentu tidak baik bagi kesehatan keluarga. Jika hal ini sering terjadi dalam keluarga Anda, maka Anda dapat mengingatkan suami dan anak Anda untuk tidak terlalu sering makan di luar rumah, meskipun tujuannya untuk me time atau bonding dengan anak.

Sebaliknya, ayah juga dapat menjadi panutan anak untuk memiliki pola makan yang sehat. Saat di rumah, beri contoh pada anak untuk makan makanan bergizi tinggi seperti ikan, telur, sayur dan buah.

Ayah juga dapat mengajari anak tentang pola makan sehat lewat permainan seperti menghitung tinggi badan anak. Beri tahu anak bahwa dengan makan makanan sehat anak juga dapat tumbuh sehat, kuat, tinggi dan cerdas seperti ayah.

Selain itu, ayah juga dapat membuat suasana makan menjadi menyenangkan. Ayah dapat menjelaskan makanan sehat yang dimakan dengan cara yang menarik seperti menyuap makanan agar anak terhibur dan makin semangat untuk makan. Akan lebih baik lagi jika keluarga Anda memiliki waktu sarapan atau makan malam bersama di jam yang sama agar anak juga belajar tentang disiplin atau keteraturan.

Membentuk pola makan sehat bukan hanya tugas ibu saja, namun ayah juga punya peran penting dalam menjalankannya. Diskusikan dengan baik bersama ayah mengenai pembagian tugas ini agar anak dapat optimal tumbuh kembangnya dan kebutuhan gizinya tercukupi. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi