Terbit: 10 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat balita belajar bicara, terkadang ia mengalami kesulitan saat mengucapkan huruf R, L, T, S, D atau yang dikenal dengan istilah cadel. Jika cadel terjadi saat balita, hal ini adalah hal yang normal. Namun jika cadel terus berlanjut hingga dewasa, bisa jadi ini merupakan kelainan.

Penyebab Cadel Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Balita yang belum mengucapkan beberapa huruf biasanya disebabkan karena otot lidahnya belum sempurna. Selain itu cadel juga bisa disebabkan oleh kelainan lidah bernama tongue tie atau ankyloglossia. Kondisi tongue tie ini terjadi ketika jaringan yang menempel di lidah dan bagian bawah mulut ukurannya terlalu pendek sehingga tidak mampu menyentuh bagian atas langit-langit mulut sehingga kesulitan menyebut huruf seperti L dan R.

Bagi anak yang lahir dengan tongue tie, orang tua bisa melatih lidahnya agar tidak kembali cadel. Namun jika cadel masih berlanjut hingga dewasa, bisa dilakukan operasi pemotongan jaringan yang terikat sehingga lidah bisa menyentuh bagian atas langit-langit mulut dengan baik.

Rata-rata penyebab cadel pada anak di atas 5 tahun adalah bentuk lidah atau kendali yang kurang tepat sehingga membuat pelafalan huruf tidak terdengar jelas. Penyebab lainnya adalah adanya gangguan saraf pada anak, down syndrome, gangguan pendengaran dan gangguan perkembangan.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cadel pada anak antara lain:

Ajari anak mengucapkan kata sebenarnya
Ketika mengetahui anak cadel, orang tua disarankan untuk tetap mengucapkan kata-kata dalam pelafalan yang benar agar anak terbiasa mendengarkan kata yang sebenarnya. Jangan mengikuti cara anak cadel berbicara karena hal ini akan membuat anak tidak terlatih.

Hindarkan anak dari kebiasaan mengisap jari
Kebiasaan mengisap jari dapat mengubah struktur gigi yang membuat anak cadel. Beberapa jenis cadel akibat struktur rongga mulut antara lain: cadel interdental, cadel dental, cadel lateral, dan cadel palatal.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa melatih anak Anda ke speech therapist untuk mendapatkan penanganan. Cadel sebenarnya bukan gejala yang berbahaya, namun dapat memengaruhi cara komunikasi anak dengan orang lain dan membuat anak kurang percaya diri.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi