Terbit: 24 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu jenis penyakit yang paling mengerikan adalah diabetes. Bagaimana tidak, penyakit ini akan membuat penderitanya tidak mampu lagi mengonsumsi makanan dan minuman yang enak.

Gusi Berdarah Tanda Diabetes?

Selain itu, jika sampai kadar gula darah tak terkendali, komplikasi diabetes yang bisa saja menyebabkan amputasi, kebutaan, hingga kematian pun akan datang. Yang menjadi masalah adalah, gejala atau tanda-tanda awal dari penyakit ini cenderung tidak mudah untuk dikenali.

Banyak orang yang menyebutkan bahwa gejala awal dari masalah diabetes bisa dikenali dari dalam mulut, tepatnya jika kita mulai mengalami masalah seperti gusi berdarah. Sebenarnya, apakah memang gusi berdarah memang merupakan tanda awal dari diabetes?

Sebagai informasi, bakteri cenderung suka dengan gula. Jika kadar gula darah sangatlah tinggi, maka luka yang muncul juga cenderung sulit untuk disembuhkan, termasuk luka yang muncul pada gusi yang disebabkan oleh kebiasaan makan atau menyikat gigi yang salah.

Jika sampai masalah gusi berdarah ini tak kunjung sembuh atau bahkan sering muncul, bisa jadi hal ini disebabkan oleh bakteri yang terus berkembang di bagian gusi yang berdarah ini akibat tingginya kadar gula darah dan membuat proses penyembuhan luka terhambat.

Hal ini berarti gusi berdarah yang terus berlangsung atau sering terjadi memang bisa jadi adalah tanda dari diabetes yang patut untuk diwaspadai. Gejala lain dari diabetes yang cenderung kerap diabaikan adalah menurunnya penglihatan. Kebanyakan orang biasanya berpikir jika hal ini disebabkan oleh rabun atau gangguan penglihatan lainnya.

Perlu diketahui bahwa tingginya kadar gula darah bisa menyebabkan cairan memasuki lensa mata dan akhirnya mengganggu penglihatan. Biasanya, tanda dari gangguan penglihatan mata yang disebabkan oleh diabetes adalah pandangan tak kunjung membaik meski sudah memakai kacamata.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi