Terbit: 28 Juli 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Sakit pinggang atau sering disebut dengan low back pain merupakan kondisi yang sering terjadi di punggung bawah dan pinggang seseorang. Kondisi ini semakin meningkat prevalensinya pada lansia. Obat sakit pinggang lansia baik itu medis atau alami penting untuk diketahui agar Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Simak penjelasan mengenai obat alami sakit pinggang lansia dan obat di apotik selengkapnya di bawah ini.

13 Obat Sakit Pinggang Lansia, dari Medis hingga yang Alami

Mengenali Obat Sakit Pinggang Lansia

Seseorang yang berusia di atas 60 tahun lebih mungkin menderita rasa sakit yang berhubungan dengan degenerasi sendi di tulang belakang. Penyebab paling umum nyeri punggung bawah pada lansia adalah osteoartritis dan stenosis spinal.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa solusi yang dapat membantu meringankan rasa sakit ini, mulai dari yang alami hingga obat-obatan yang ada di apotek.

Berikut adalah obat medis dan alami yang umum digunakan untuk mengatasi sakit pinggang, di antaranya:

1. Obat Pereda Nyeri

Contoh obat sakit pinggang untuk lansia di apotik adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) seperti ibuprofen atau naproxen sodium. Jika obat ini tidak membantu menghilangkan rasa sakit, dokter mungkin menyarankan OAINS dengan resep.

Selain, tersedia juga obat pereda nyeri topikal. Produk-produk ini memberikan zat penghilang rasa sakit melalui kulit, bentuknya bisa seperti krim, salep, balsam, atau patch.

2. Obat Pelemas Otot

Jika nyeri punggung ringan hingga sedang tidak membaik dengan obat pereda nyeri, dokter mungkin juga akan meresepkan obat pelemas otot (muscle relaxant). Namun, obat ini dapat membuat Anda pusing dan mengantuk.

3. Obat yang Mengandung Opioid

Obat-obatan yang mengandung opioid, seperti oxycodone atau hydrocodone, dapat lansia gunakan untuk waktu yang singkat dengan pengawasan ketat oleh dokter. Opioid tidak bekerja dengan baik untuk nyeri kronis, sehingga penggunaannya biasanya kurang dari seminggu.

4. Antidepresan

Beberapa jenis antidepresan, terutama duloxetine dan antidepresan trisiklik, seperti amitriptyline telah terbukti meredakan nyeri punggung kronis terlepas dari efeknya terhadap depresi.

Baca Juga: Olahraga untuk Lansia: Jenis, Manfaat, dan Panduannya

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Lansia yang Alami

Selain dengan bantuan obat-obatan medis, sakit pinggang juga dapat teratasi menggunakan cara-cara alami, di antaranya:

1. Terapi Fisik

Seorang terapis dapat mengajari Anda latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot punggung dan perut, sekaligus membantu memperbaiki postur. Melakukan teknik-teknik khusus secara teratur dapat mencegah munculnya sakit pinggang.

Seorang terapis juga akan memberikan edukasi tentang cara memodifikasi gerakan selama episode nyeri punggung, hal ini diperlukan untuk menghindari gejala nyeri yang melebar namun tetap bisa beraktivitas normal.

2. Rutin Berolahraga

Obat alami sakit pinggang lansia ini paling mudah dilakukan namun tidak semua orang rutin melakukannya. Cobalah untuk berjalan santai selama 30 menit setiap hari untuk mengurangi masalah yang berhubungan dengan sendi dan tulang.

Olahraga teratur dengan kombinasi asupan nutrisi yang seimbang dapat membantu Anda menghindari masalah yang umum terjadi seiring bertambahnya usia, salah satunya adalah sakit pinggang.

3. Kompres Dingin

Saat sakit pinggang menyerang, menerapkan kompres es pada area yang sakit dapat membantu meredakan peradangan yang menyakitkan atau kejang otot. Cobalah tempelkan kompres es selama 20 menit, setelah itu angkat kompres kemudian diamkan selama 20 menit. Jika masih terasa nyeri, Anda bisa menempelkannya lagi.

4. Menggunakan Bantal Pemanas

Selain menggunakan suhu dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit pada pinggang. Suhu yang hangat juga memiliki efek yang sama. Menggunakan bantal pemanas, mandi air hangat, atau berbaring di bawah lampu pemanas, adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Suhu yang hangat dapat mengendurkan otot punggung dan merangsang aliran darah. Penting untuk diketahui, jangan terlalu sering menggunakan pemanas (misalnya, tertidur di bantal pemanas) untuk mencegah terjadinya kulit terbakar.

5. Pola Diet yang Sehat

Lemak sehat (minyak biji rami, minyak alpukat, minyak zaitun, dll), buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, jahe, bawang putih, oatmeal, dan sumber protein tanpa lemak semuanya membantu mengurangi peradangan.

Sementara itu, produk olahan susu, kue kering, daging merah, alkohol, kafein, gula, biji-bijian olahan, dan makanan olahan berat lainnya sebaiknya lansia hindari karena meningkatkan peradangan pada otot dan persendian.

Baca Juga: 9 Panduan Pola Makan Lansia yang Sehat (Lengkap)

6. Yoga

‘Obat’ alami sakit pinggang lansia berikutnya adalah latihan yoga, terutama restorative yoga, teknik untuk mengembalikan vitalitas dengan gerakan yang sederhana dan tidak ada paksaan. Restorative yoga menggunakan yoga props untuk menyangga badan sehingga sewaktu melakukan pose yoga, kesetaraan tulang belakang dan bahu di posisi yang benar.

Meski begitu, gerakan tergantung rentang gerak dan tingkat kebugaran, Anda juga dapat memilih hatha yoga atau chair yoga. Penelitian menunjukkan bahwa yoga memberikan manfaat yang positif seperti penurunan rasa sakit, peningkatan rentang gerak, dan perasaan bahagia pada penderita sakit punggung.

7. Akupunktur

Cara mengatasi sakit pinggang pada lansia lainnya adalah dengan teknik akupuntur. Ini adalah pendekatan pengobatan alternatif yang membantu meringankan dan mengobati rasa sakit serta nyeri pada tubuh yang menua. Alih-alih mengobati gejala, akupuntur membantu mengobati sumber rasa sakit secara alami, tanpa menggunakan obat-obatan.

8. Terapi Pijat

Terapi pijat meningkatkan sirkulasi  darah, mengurangi peradangan, dan pembengkakan. Sebuah penelitian menunjukkan, terapi ini efektif dalam mengurangi nyeri punggung kronis, kondisi yang dapat mengurangi kebutuhan akan obat nyeri.

Osteopati dipandang sebagai jenis pengobatan alternatif komplementer (Complementary Alternative Medicine (CAM). Teknik ini juga tidak selalu didukung oleh bukti ilmiah. Tujuan dari osteopati adalah untuk mengobati berbagai masalah tanpa menggunakan obat maupun operasi.

9. Kasur Khusus

Semua kasur tidak diciptakan sama. Jika Anda memiliki permasalahan pegal-pegal dan nyeri otot punggung saat menggunakan kasur lama, cobalah untuk berganti ke kasur ortopedi. Kasur ini termasuk golongan kasur keras karena memiliki susunan busa yang cenderung lebih padat dan kaku, sehingga tingkat kemembalannya jauh lebih sedikit.

Hal ini membuat tubuh tidak ‘tenggelam’ seperti saat menggunakan kasur yang terlalu empuk. Topangan yang kokoh seperti ini mampu mengatasi nyeri punggung. Biasanya, kasur kesehatan ini juga memiliki teknologi yang menyesuaikan kondisi tulang.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. Back pain. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/back-pain/diagnosis-treatment/drc-20369911. (Diakses pada 28 Juli 2021).
  2. Anonim. 13 Ways to Fix Your Age-Related Back Pain. https://health.clevelandclinic.org/back-pain-your-spine-and-father-time/. (Diakses pada 28 Juli 2021).
  3. Moorehead, Jennifer. 2018. Chronic Back Pain in Seniors: 5 Easy Treatments. https://www.elderlinkhomecare.com/5-simple-treatment-options-chronic-back-pain-seniors/. (Diakses pada 28 Juli 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi