Terbit: 17 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kista atau cyst adalah benjolan yang tumbuh secara abnormal di sistem reproduksi wanita. Berupa kantong berisi cairan atau zat setengah padat dan biasanya menyebabkan nyeri. Cara menghilangkan penyakit kista dapat ditempuh secara medis maupun alami, berikut ini pembahasannya!

Cara Menghilangkan Penyakit Kista secara Alami dan Medis

Apa yang Harus Diketahui sebelum Penyakit Kista?

Setiap orang memiliki kondisi kista yang berbeda-beda. Baik lokasi tumbuhnya, ukurannya, tingkat keganasannya, maupun seberapa parah efek yang telah ditimbulkan kista pada tubuh.

Usia pasien juga menentukan cara pengobatan yang akan diambil. Sebelum memilih cara menghilangkan penyakit kista, sebaiknya pasien berkonsultasi dulu dengan dokter.

Pada dasarnya kista tidak berbahaya. Namun, bisa jadi merupakan tanda pra kanker. Kista yang jinak dan kecil bisa menghilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Namun kista yang besar dan ganas harus diangkat melalui operasi.

Penting bagi pasien untuk terus memperhatikan seberapa besar rasa sakit yang diakibatkan kista. Pemeriksaan USG dan tes darah juga perlu dilakukan secara berkala untuk memantau kondisinya.

Cara Menghilangkan Penyakit Kista secara Alami

Jika telah didiagnosa menderita kista, pasien harus melakukan cara menghilangkan penyakit kista tersebut. Caranya bisa dengan pengobatan medis maupun alami. Walaupun kista bisa hilang setelah beberapa minggu atau bulan, tetapi jika dibiarkan begitu saja dapat membahayakan nyawa.

Cara menghilangkan kista secara alami adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Dapat juga dibantu dengan beberapa jenis herbal alami. Namun, usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan ahlinya, termasuk jika ingin menggabungkan herbal dengan obat-obatan medis.

1. Olahraga

Jenis olahraga yang dianjurkan adalah lari, stretching dan yoga. Olahraga dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman akibat kista. Olahraga juga dapat memperlancar metabolisme dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Pijat saat Haid

Pijat dapat dilakukan di bagian punggung, bokong, paha, dan perut. Pijat dapat memberikan efek rileks dan mengurangi rasa nyeri pada perut bawah. Pasalnya, kista seringkali menyebabkan rasa tegang dan sakit yang akan bertambah saat haid.

3. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat dapat dilakukan setiap hari selama 20 menit. Letakkan kompres di bagian punggung dan perut. Tujuannya agar aliran darah ke lokasi kista menjadi lebih lancar. Hal ini akan mengurangi nyeri serta mempercepat hilangnya kista.

Hati-hati jika menempelkan langsung kompres ke permukaan kulit. Karena rentan membuat kulit kemerahan dan terbakar.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Jika pasien kista memiliki berat badan di atas normal, sebisanya harus menurunkan berat badan hingga normal. Berat badan yang normal akan mendorong tubuh untuk mengurangi produksi hormon.

Namun perlu diingat bahwa diet dan latihan yang dilakukan tidak boleh berlebihan. Jangan sampai melakukan diet terlalu ketat untuk menurunkan berat badan, karena akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Cek berapa berat badan ideal Anda dengan kalkulator BMI.

5. Menu Makanan Sehat Seimbang

Kurangi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat. Perbanyak makanan yang mengandung serat, vitamin dan protein. Usahakan makan menu seimbang dan makanan utuh, bukan cepat saji.

Menu makanan seimbang akan mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah tinggi serta menormalkan hormon. Sebisanya kurangi juga konsumsi kopi dan teh.

6. Relaksasi dengan Garam Epsom

Garam Epsom dapat mengurangi rasa nyeri, mengendurkan otot dan merilekskan tubuh. Campurkan 2 sendok garam Epsom ke dalam air mandi dan berendam lah selama 20 menit.

7. Detoks Rahim

Penderita kista juga dapat melakukan detoks rahim dengan beberapa bahan herbal, termasuk campuran rebusan cengkeh jahe, ketumbar, kapulaga, kayu manis, serai, dan madu. Kemudian diminum secara teratur.

Racikan herbal tersebut dipercaya dapat membantu menyembuhkan masalah kista. Namun demikian, belum ada penelitian medis yang membutktikannya jadi sebaiknya tetap hati-hati saat mengonsumsi obat herbal tersebut.

Itulah beberapa cara menghilangkan penyakit kista secara alami. Selebihnya, tetap konsultsai ke dokter bila Anda mengalami suatu gejala yang mencurigakan dan tidak kunjung sembuh dengan perawatan di rumah.

Baca Juga: 13 Jenis Kista yang Harus Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Penyakit Kista secara Medis

Kista dapat dihilangkan juga dengan cara medis. Yaitu dengan menggunakan obat-obatan seperti suntikan kortikosteroid. Fungsinya untuk mengecilkan kista dan meredakan peradangan.

Metode lainnya adalah aspirasi atau mengeluarkan cairan dari dalam kista. Kista juga bisa dihilangkan dengan imobilisasi dan pil KB. Jika kista tidak kunjung hilang atau berpotensi menjadi kanker, dokter akan menganjurkan operasi.

Perlu diingat bahwa cara menghilangkan penyakit kista baik secara alami maupun medis tergantung pada kondisi kistanya. Segera hubungi dokter jika kista menyebabkan sakit yang bertambah atau tidak kunjung hilang setelah beberapa bulan.

 

  1. Mayo Clinic. 2021. Ovarian cysts. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ovarian-cysts/diagnosis-treatment/drc-20353411. (Diakses pada 14 November 2021).
  2. Newman, Tim. 2020. What to know about cysts. https://www.medicalnewstoday.com/articles/160821 (Diakses pada 14 November 2021).
  3. Villines, Zawn. 2020. Home remedies for ovarian cyst symptoms. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321685. (Diakses pada 14 November 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi