Terbit: 23 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak sedikit orang tua yang hanya fokus pada kebersihan badan bayi dan mengabaikan kebersihan mulut bayi. Alasannya, bayi belum memiliki gigi yang perlu dibersihkan setiap hari. Padahal menjaga kesehatan dan kebersihan mulut perlu dilakukan sejak dini. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan mulut bayi?

Meski Belum Punya Gigi, Kebersihan Mulut Bayi Tetap Perlu Dijaga

Kebersihan mulut bayi sama pentingnya dengan kebersihan anggota badan lainnya. Meskipun bayi belum memiliki gigi, namun kebiasaan membersihkan mulut bayi perlu ditanamkan agar anak rajin membersihkan giginya saat dewasa nanti. Apalagi mulut dan lidah bayi merupakan media yang potensial untuk perpindahan bakteri dan rentan infeksi jamur sehingga perlu dijaga kebersihannya.

Untuk membersihkan mulut bayi, Anda dapat melakukannya dengan kain kasa atau pembersih lidah bayi yang dirancang khusus untuk membersihkan mulut bayi. Sebelum membersihkan mulut bayi, pastikan tangan Anda sudah dalam keadaan bersih. Basahi kain kasa atau waslap dengan air matang hangat, lalu balut pada jari telunjuk Anda. Mulailah membersihkan mulut dari bagian luar, yaitu bibir dan sekitarnya.

Setalah bersih, dengan bantuan jari tangan, buka mulut bayi kemudian masukkan jari telunjuk Anda dan gosok perlahan gusi mulai dari bagian belakang atas hingga ke depan atas, lanjutkan ke gusi bagian bawah dari belakang ke depan.

Lidah bayi juga perlu dibersihkan. Dengan menjaga kebersihan lidah, Anda bisa mengurangi bau mulut tidak sedap pada si kecil dan mengurangi akumulasi bakteri pada mulut. Bersihkan lidah dari pangkal lidah namun jangan terlalu ke belakang, lalu perlahan-lahan ke bagian depan. Bersihkan mulut dan lidah bayi setiap habis menyusu dan makan.

Jika bayi sudah mulai tumbuh gigi, Anda bisa membersihkan gigi bayi dengan sikat khusus untuk bayi. Pilih sikat gigi dengan bulu sikat lembut, kepala yang kecil dan pegangan yang besar. Anda bisa menggunakan pasta gigi setelah anak mulai bisa berkumur. Gunakan pasta gigi mengandung flouride sebesar biji beras pada permukaan sikat gigi dan dampingi anak saat menggosok giginya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi