Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tinju memang identik dengan pria ketimbang wanita. Meski demikian, olahraga yang menuntut ketangkasan, stamina, dan kegesitan ini juga bisa dilakukan oleh wanita. Kaum hawa yang melakukan olahraga tinju secara rutin akan memiliki tubuh yang sehat dan beragam manfaat yang bisa Anda simak berikut ini.

Manfaat Olahraga Tinju untuk Kesehatan Wanita

1. Membakar banyak kalori
Meski terlihat sederhana seperti mengarahkan tinju ke target atau lawan main, tinju cukup menguras energi pada tubuh. Satu jam latihan tinju akan membakar sekitar 300 kali dengan cepat. Anda akan mudah berkeringat dan badan akan menjadi segera setelahnya.

2. Melatih bagian core
Dalam latihan beban atau olahraga lain, bagian core atau perut dan sekitarnya sangat penting. Dengan core yang kuat, segala gerakan bisa dilakukan dengan mudah dan lancar. Namun, kalau core yang dimiliki wanita lemah, mereka akan mudah lelah, stamina menurun, area perut kerap sakit, dan susah mendapatkan perut langsing dan rata.

3. Menguatkan otot pundak dan lengan
Saat mengalami obesitas, bagian pundak dan lengan wanita akan menggelambir. Untuk membuat bagian itu menyusut dengan baik, tinju bisa diandalkan. Aneka gerakan memukul pada tinju hingga gerakan bertahan akan menyusutkan bagian lengan sehingga wanita bisa lebih percaya diri kalau memakai singlet.

4. Melatih keseimbangan tubuh
Gerakan pada tinju terjadi secara spontan, terlebih kalau wanita dengan melakukan pertandingan. Latihan spontanitas ini akan membuat tubuh selalu sigap dan lebih simbang kalau terkena hantaman, berjalan, atau bergerak dengan cepat. Lebih lanjut, olahraga tinju juga memperbaiki fleksibilitas wanita khususnya pada otot perut, punggung, dan tulang belakang.

5. Meredakan Stres
Tinju adalah olahraga yang berfokus pada tumpuan kaki dan juga tinjuan. Nah, olahraga yang terlihat sangat keras ini ternyata mampu menyalurkan emosi. Setelah melakukan tinjuan berkali-kali, wanita akan jauh lebih stabil emosinya sehingga selesai latihan pikiran bisa kembali segar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi