Terbit: 16 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bermain memiliki banyak manfaat bagi anak. Bukan hanya menyenangkan, bermain juga dapat menunjang tumbuh kembang anak. Bagi anak penyandang autisme, pemilihan mainan yang tepat dapat membantu perkembangannya agar lebih maksimal.

Pilihan Mainan yang Tepat Untuk Anak Penyandang Autisme

Saat memilih mainan untuk anak penyandang autisme, Anda perlu menyesuaikan dengan kemampuan perkembangannya. Misalnya jika anak mengalami keterlambatan dalam bicara, maka berikan mainan yang merangsang kemampuan bicaranya. Memilih mainan yang tepat selain dapat membantu eksplorasi anak juga dapat mengurangi tantrum pada anak karena anak autis mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian dan belajar seperti anak lainnya.

Beberapa mainan yang bisa Anda berikan untuk anak autisme antara lain:

Balok susun
Mainan balok susun dapat merangsang kreativitas anak, kemampuan berpikir secara runtut dan logis, serta kemampuan bersosialisasi. Ajak anak untuk membangun balok untuk membentuk menara, rumah atau bangunan sederhana lainnya.

Menggambar dan mewarnai
Anda dapat mulai mengenalkan warna pada anak melalui mainan ini. Lewat menggambar, anak dapat meluangkan imajinasi, kreativitas dan suasana hati mereka. Anda bisa mengajaknya untuk bermain di taman lalu menggambar apa yang dia lihat.

Puzzle
Bermain puzzle selain menyenangkan juga dapat melatih fungsi kognitif dan konsentrasi anak. Puzzle juga baik untuk melatih motorik halus pada anak.

Kartu bergambar (flash card)
Anak autis lebih mudah memahami sesuatu secara visual sehingga rangsangan visual dapat membantu perkembangan komunikasinya. Selain itu permainan ini juga dapat meningkatkan daya ingat anak untuk mengenal angka, huruf, bagian tubuh dan lainnya.

Lilin mainan/plastisin

Bermain dengan plastisin dapat membantu rangsangan gerak motorik anak sekaligus merangsang imajinasi dan kreativitas anak. Gunakan plastisin untuk membentuk huruf atau benda lain untuk membantu anak belajar.

Kotak musik
Mengenalkan kotak musik ke anak autis dapat merangsangnya untuk mengenal nada dan suara dari berbagai alat musik. Selain merangsang pendengarannya, mendengarkan musik juga menyenangkan bagi anak.

Mainan yang bersifat edukatif sangat baik untuk merangsang tumbuh kembang anak autis. Dalam memilih mainan untuk anak autis, pilihlah mainan yang aman, mudah dimainkan dan dibersihkan, tida memiliki banyak gambar karakter dan memiliki warna yang lembut. Selain itu Anda juga perlu ikut aktif berinteraksi bersama anak untuk meningkatkan kemampuan sosialnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi