Terbit: 11 April 2018 | Diperbarui: 16 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Rambut berketombe merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh sejumlah orang. Tidak hanya menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala, rambut berketombe ternyata juga memicu masalah lain. Bahkan, tidak jarang pula ketombe membuat rambut lebih mudah rontok. Tentu saja jika dibiarkan hal tersebut akan menjadi masalah yang serius. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan dengan sejumlah cara berikut.

Tips Mencegah Rambut Berketombe

1. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala

Dilansir dari laman Reader’s Digest, rambut berketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Maka dari itu, cara pencegahannya adalah dengan menjaga kelembapan kulit kepala. Anda dapat menggunakan masker rambut secara rutin untuk menutrisi sekaligus menjaga kelembapan pada kulit kepala. Sejumlah bahan alami seperti yoghurt, minyak zaitun, tea tree oil dan minyak kelapa bisa menjadi referensinya.

2. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Ketombe yang disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri bermula dari kondisi kulit kepala yang kotor. Hal ini bisa saja terjadi saat Anda kurang memperhatikan kebersihan kulit kepala. Maka dari itu jangan melewatkan waktu keramas setiap dua hari sekali yang menjaga kulit kepala tetap bersih. Usahakan untuk membilas rambut hingga bersih agar tidak ada sisa shampoo yang tertinggal.

3. Gunakan Produk Khusus

Cara lain untuk mencegah munculnya ketombe adalah dengan menggunakan produk-produk khusus. Apalagi saat ini sudah banyak hair care products yang dilengkapi dengan kandungan anti-dandruff. Mulai dari kandungan ekstrak lemon, daun mint hingga salicylate acid.

Menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut merupakan hal wajib bagi Anda yang ingin mencegah ketombe. Selain itu, jangan lupa pula untuk rutin membersihkan peralatan seperti sisir hingga sarung bantal untuk mencegah kotoran dan sel kulit mati menempel pada rambut dan kulit kepala Anda.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi