Terbit: 20 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Memiliki rambut indah dan juga sehat menjadi impian banyak orang, terutama wanita. Rambut kering, bercabang, apalagi berketombe yang sangat mengganggu aktivitas. Selain salah pilih sampo, ternyata faktor rusaknya rambut juga dapat terjadi karena salah memilih waktu terbaik mencuci rambut. Penasaran waktu paling tepat untuk mencuci rambut agar tetap indah dan sehat kan? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Tips Pilih Waktu Terbaik Mencuci Rambut Agar Tetap Sehat

Photo Credit : www.pixabay.com

1. Ketahui Jenis Kulit Kepala

Dilansir dari Health.com, Ahli Dermatologi Dr. Francesca Fusco mengatakan bahwa secara umum mencuci rambut paling normal adalah seminggu sekali. Waktu tersebut berlaku untuk kulit kepala normal. Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit kepala berminyak, bisa jadi keramas setiap hari bisa menghilangkan tanda-tanda rambut tak sehat. Nah, untuk menentukan waktu tepat untuk mencuci rambut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kulit kepalamu.

2. Kenali Tanda Rambut yang Tak Sehat

Selain mengetahui jenis kulit kepala, mengenali tanda-tanda rambut bermasalah juga bisa menjadi waktu terbaik menentukan keramas atau tidak. Biasanya, rambut waktunya dicuci ketika aroma tidak menyenangkan muncul. Begitu pula ketika kulit terasa gatal dan kering. Meski baru dua hari keramas, sebaiknya segera mencuci. Pasalnya, aroma ini bisa diakibatkan karena minyak rambut atau penumpukan sel kulit mati yang berlebihan. Akibatnya, ketombe pun akan meradang.

3. Frekuensi Pemakaian Hairspray untuk Rambut

Sebagai wanita karier, hairspray dan produk perawatan rambut lain sering digunakan. Meski memiliki banyak manfaat, ternyata frekuensi pemakaiannya juga perlu diperhitungkan. Pasalnya, efek dari hairspray dalam jangka panjang dapat membuat rambut mengalami kerusakan. Sebaiknya, cuci rambut setelah pemakaian hairspray. Hal ini akan menghindari rambut kering dan kusam lantaran tidur dalam keadaan masih menggunakan produk tersebut.

4. Ketahui Aktivitas yang Dilakukan

Sel dalam kulit kepala akan mengalai masa aktif untuk reproduksi pada jam 10 malam hingga 2 pagi. Sebelum waktu reproduksi tersebut, mencuci rambut bisa bermanfaat untuk membuat sel kulit semakin sehat. Namun, hal tersebut tergantung bagaimana aktivitas yang dilakukan seseorang dalam hari tersebut. Kamu bisa saja mencuci jam 1 siang atau maksimal 10 malam. Hal terpenting adalah tidak keramas di atas jam tersebut, karena dapat mengganggu kulit kepala yang sedang beristirahat.

Nah, itulah dia cara untuk mengetahui waktu paling tepat mencuci rambut agar tepat sehat dan indah. Selamat mencoba ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi