Terbit: 20 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Masalah jerawat memang membuat banyak orang kerepotan. Terutama dalam memilih cara penanganan yang tepat. Mungkin banyak dari Anda yang kerap dianjurkan untuk menggunakan obat jerawat. Namun, jika tidak menggunakan obat yang tepat, bisa-bisa jerawat malah semakin banyak. Berikut sejumlah tips untuk memilih obat jerawat yang tepat.

Tips Memilih Obat Jerawat yang Tepat

Photo Credit: Flickr.com/Saluda Programa de Salud

1. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Dilansir dari laman Adult Acne, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui jenis kulit Anda. Pasalnya, tidak semua obat jerawat dibuat untuk segala jenis kulit . Apalagi banyak obat jerawat yang hanya dibuat khusus untuk tipe kulit berminyak. Jadi, jangan malas untuk membaca komposisi bahan pada obat tersebut.

2. Ketahui Bahan Aktif di Dalamnya

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengetahui bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Biasanya, obat jerawat yang ampuh akan dilengkapi dengan bahan anti jerawat seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, sulfur, tea tree oil, AHA hingga retinol. Bahan-bahan tersebut tidak hanya meredakan jerawat yang meradang tetapi juga dapat memudarkan bekas jerawat yang tersisa.

3. Pilih Dosis yang Sesuai dengan Kondisi Jerawat

Obat jerawat biasanya tersedia dalam beberapa ukuran dosis. Nah, ukuran dosis ini ternyata dibuat berdasarkan jenis jerawat yang sedang Anda alami. Misalnya saja dosis terendah yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat normal dengan ukuran kecil. Dosis terendah biasanya juga diperuntukkan bagi pemilik kulit sensitif yang mudah mengalami iritasi.

Nah, sejumlah tips di atas akan membantu Anda dalam memilih obat jerawat yang tepat. Namun, jangan lupa pula untuk mengonsultasikan penggunaan obat jerawat tersebut dengan dokter atau ahli dermatologi guna mencegah efek yang tidak diinginkan. Selain itu, gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi