Terbit: 22 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menjalani masa remaja memang menyenangkan. Selain dapat memulai sejumlah hal yang sebelumnya tidak dilakukan, di masa remaja inilah Anda akan mulai belajar mengenali diri sendiri. Kendati demikian, masa remaja rupanya juga identik dengan perubahan hormon di dalam tubuh.

Tips Memilih Moisturizer untuk Remaja

Masalah hormon tersebut berimbas pada kesehatan kulit, seperti munculnya jerawat atau kulit menjadi lebih mudah mengalami breakout. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan menggunakan produk perawatan yang tepat, terutama moisturizer.

Moisturizer atau pelembap merupakan produk yang wajib digunakan agar kulit selalu terjaga kesehatannya. Nah, berikut sejumlah tips untuk memilih moisturizer yang tepat bagi kulit para remaja.

1. Pilih yang Bebas Kandungan Minyak

Dilansir dari laman Sebocalm, salah satu cara memilih moisturizer untuk kulit para remaja adalah dengan menggunakan produk yang bebas minyak. Produk yang tidak mengandung minyak terbilang lebih aman bagi kulit remaja yang rentan mengalami jerawat. Apalagi produk dengan kandungan minyak kerap menyebabkan penyumbatan pori-pori. Selain itu, produk yang bebas minyak juga memiliki tekstur yang lebih ringan dan mudah meresap saat diaplikasikan.

2. Formula Bahan Anti Jerawat

Seperti yang telah diketahui, hormon yang tidak stabil saat menjalani masa remaja juga berimbas pada produksi sebum. Jangan heran jika kulit akan menjadi lebih mudah berminyak dari sebelumnya. Hal ini lantaran hormon pada tubuh menstimulasi produksi sebum secara berlebih.

Kondisi yang demikian tentu saja menjadikan kotoran, debu dan zat asing lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit. Maka dari itu, tidak ada salahnya memilih moisturizer dengan kandungan bahan anti jerawat yang ampuh mengontrol produksi sebum atau pun membasmi bakteri penyebab jerawat. Anda dapat menggunakan moisturizer dengan kandungan bahan seperti salicylic acid atau pun bahan alami seperti tea tree oil mau pun ekstrak lemon.

3. Hindari Alkohol

Bagi Anda yang kebetulan memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya hindari moisturizer yang mengandung alkohol. Alkohol memang ampuh menyerap kelebihan minyak di wajah, tetapi alkohol juga dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Hal inilah yang membuat kulit rentan mengalami sejumlah masalah karena kulit yang menjadi lebih kering.

Tidak hanya jerawat, bisa-bisa kulit juga mengalami iritasi atau pun alergi yang cukup serius. Alih-alih menggunakan produk dengan kandungan alkohol, aplikasikan moisturizer yang mengandung bahan pelembap tinggi dari bahan-bahan alami. Misalnya saja seperti gel lidah buaya, madu hingga yoghurt.

Siapa yang menyangka ternyata perawatan kulit untuk para remaja cukup selektif. Hal ini berkaitan dengan kondisi kulit remaja yang masih murni alias belum pernah terkena bahan-bahan kimia pada kulit. Selain itu, masalah hormon yang masih tidak stabil juga menjadikan Anda harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit, terutama moisturizer.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi