Terbit: 27 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Clay mask merupakan salah satu masker yang saat ini menjadi priamdona. Tidak hanya mampu mengangkat kotoran secara optimal. Penggunaan clay mask ternyata juga menuutrisi sel kulit dengan kandungan bahan mineral yang cukup beragam. Kendati demikian, Anda juga harus memperhatikan jenis kulit sebelum memilih clay mask agar tidak menimbulkan masalah lainnya. Nah, untuk memilih clay mask sesuai dengan jenis kulit Anda, tidak ada salahnya untuk memperhatikan sejumlah penjelasan singkat berikut.

Tips Memilih Clay Mask Sesuai dengan Jenis Kulit

1. Clay Putih

Dilansir dari laman Sugar and Spruce, clay putih juga dikenal dengan nama kaolin. Kaolin mengandung sejumlah mineral seperti zinc, magnesium, kalsium dan silika yang ampuh dalam mencegah iritasi atau pun breakout. Tidak heran jika masker clay putih ini sangat disarankan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, rentan berjerawat atau pun sensitif.

2. Clay Hijau

Selain kaolin, Anda juga dapat menggunakan clay hijau yang kaya akan kandungan selenium, kalsium, potasium hingga zat fosfor. Sebagai tambahan informasi, clay mask yang menggunakan clay hijau rupanya sangat disarankan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya clay mask hijau sangat ampuh menyerap kelebihan minyak sekaligus mencegah terjadinya iritasi.

3. Clay Kuning

Jenis clay lainnya yang sangat baik untuk kulit kombinasi adalah clay kuning. Clay kuning sendiri berfungsi mengangkat kotoran secara menyeluruh sekaligus berperan sebagai eksfoliator. Tidak hanya itu saja, penggunaan masker clay kuning juga dapat menstimulasi proses revitalisasi sel-sel kulit.

4. Clay Bentonite

Selain kaolin, biasanya clay mask juga dilengkapi dengan bentonite. Bentonite merupakan salah satu jenis clay yang kaya akan kandungan magnesium di dalamnya. Dilansir dari laman Sugar and Spruce, mengaplikasikan clay mask yang mengandung bentonite juga dapat mempercepat proses penyembuhan kulit. Lebih lanjut, clay bentonite juga dapat memperbaiki tekstur kulit, terutama Anda yang memiliki bekas luka atau jerawat yang bopeng.

Ternyata clay mask tidak hanya terdiri dari satu jenis clay saja. Seperti yang telah dijelaskan di atas, clay mask dibedakan menjadi beberapa macam sesuai dengan jenis clay yang digunakan. Uniknya, sejumlah clay mask juga mengombinasikan sejumlah jenis clay di atas untuk memberikan hasil yang optimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi