Terbit: 1 June 2018 | Diperbarui: 19 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sunscreen merupakan salah satu produk yang sudah sejak lama digunakan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Tidak heran jika sunscreen kini menjadi produk yang wajib digunakan sebelum Anda beraktivitas.

Sebanyak Apa Sunscreen yang Harus Diaplikasikan?

Kendati demikian, saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana memilih susncreen yang tepat. Mulai dari memilih formula bahan di dalamnya, kandungan SPF hingga seberapa sering Anda harus mengoleskannya. Nah, berikut sejumlah tips mengenai penggunaan sunscreen.

1. Aplikasikan ke Seluruh Tubuh

Mungkin banyak dari Anda yang masih mengaplikasikan susncreen pada bagian-bagian tubuh yang terlihat. Padahal, sunscreen harus diaplikasikan secara merata ke seluruh bagian tubuh. Dilansir dari laman The Sun, Anda membutuhkan kira-kira 6 sendok teh sunscreen agar dapat diaplikasikan secara merata ke seluruh bagian tubuh.

2. Oleskan Kembali

Selain harus menggunakannya di seluruh bagian tubuh, Anda juga harus mengeleskan sunscreen setiap 2 jam sekali. Hal ini dilakukan agar kulit terlindungi lebih optimal dari paparan sinar UV. Kendati demikian, Anda juga harus mengoleskan ulang sunscreen sehabis beraktivitas di dalam air, seperti berenang. Anda juga dapat mengaplikasikan sunscreen yang bersifat water resistant untuk mengoptimalkan perlindungan pada kulit saat berenang.

3. Gunakan SPF yang Tinggi

Semakin tinggi SPF yang terkandung pada sunscreen, semakin optimal pula perlindungan yang didapat. Tidak hanya itu saja, tingkatan SPF yang tinggi juga membuat waktu pengaplikasian ulang sunscreen menjadi lebih lama pula. Sebagai tambahan informasi, rupanya Anda diharuskan menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. SPF 30 dipilih sebagai tingkatan minimum untuk melindungi kulit secara optimal dari paparan sinar UVA dan UVB yang mampu menembus lapisan kulit dan menyebabkan hyperpigmentasi.

4. Wajib Digunakan oleh Siapa Saja

Sunscreen merupakan salah satu produk yang wajib digunakan untuk semua orang, tidak terkecuali kaum Hawa dan Adam. Hal ini dikarenakan sinar UV dapat menembus dan merusak lapisan kulit dalam waktu singkat. Terutama para pria yang kerap bertelanjang dada. Sebagai tambahan informasi, bagian punggung para pria merupakan lokasi paling umum dari munculnya melanoma atau kanker kulit pada laki-laki.

Siapa yang menyangka ternyata penggunaan susncreen memiliki aturan tersendiri. Aturan tersebut merupakan aturan yang dibuat untuk melindungi kulit secara optimal. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan aturan tersebut agar terhindar dari sejumlah masalah kulit yang cukup serius.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi