Terbit: 31 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Memiliki kulit kepala yang gatal merupakan salah satu masalah yang cukup serius. Tidak hanya mengganggu penampilan, kulit kepala yang gatal ternyata juga menjadi pertanda jika kulit kepala Anda dalam keadaan yang tidak sehat.

Shampoo Natural untuk Kulit Kepala yang Gatal

Sebagai tambahan informasi, rupanya kondisi yang demikian biasa disebabkan oleh ienfeksi jamur, bakteri atau pun munculnya ketombe. Kendati demikian, tidak jarang pula jika kulit kepala yang gatal disebabkan lantaran Anda terserang sejumlah penyakit kulit seperti eksim atau pun psoriasis. Nah, untuk mengatasinya ternyata dapat dengan mengggunakan shampoo natural seperti:

Resep Shampoo

Pertama-tama, campurkan satu sendok makan madu, dua sendok makan cuka apel. Tambahkan 4 ons gel lidah buaya dan satu sendok makan minyak kelapa murni, aduk hingga merata. Jangan lupa untuk menambah satu sendok teh sabun Castile dan tiga sendok makan air mineral, aduk hingga merata. Selanjutnya, tambahkan 10 tetes minyak tea tree dan 10 tetes minyak rosemary.

Seperti yang telah diketahui, dalam resep di atas terdapat kombinasi dari sejumlah bahan aktif yang mampu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit kepala Anda. Sebut saja madu yang menjaga moisturizer sekaligus membasmi bakteri atau jamur penyebab kulit kepala gatal.

Tidak hanya itu saja, cuka apel juga mampu mengembalikan pH kulit kepala sehingga kulit terasa lebih segar dan terbebas dari serangan bakteri atau jamur. Sedangkan minyak kelapa dan minyak esensial lainnya berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut serta memberikan wangi yang menenangkan.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, gunakan shampoo natural ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Diamkan sejenak setelah mengaplikasikan shampoo natural ini agar kandungan bahan aktif di dalamnya lebih meresap ke dalam lapisan kulit. Selain itu, gunakan air dingin untuk membilas rambut hingga bersih. Keuntungan lainnya, Anda tidak perlu mengaplikasikan conditioner setelah menggunakan shampoo natural satu ini.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi