Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 20 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Sejumlah faktor memang dapat membuat kulit menjadi lebih kusam dan gelap. Terutama bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Selain menggunakan skincare khusus yang dapat mencerahkan kulit, Anda juga dapat menyiasatinya dengan menggunakan sejumlah makanan berikut.

Ragam Makanan yang Bantu Cerahkan Kulit

1. Wortel

Salah satu jenis makanan yang sangat disarankan untuk mencerahkan kulit secara alami adalah wortel. Dilansir dari laman milik Allison Tannis, wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A sendiri merupakan vitamin yang menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru.

2. Wijen

Anda tentu sudah tidak asing dengan biji wijen yang kerap digunakan sebagai bahan taburan makanan. Namun, siapa yang akan menyangka jika wijen merupakan sumber dari zinc. Zinc merupakan bahan aktif yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Tidak hanya itu saja, zinc juga menguatkan kolagen pada lapisan kulit sehingga kulit tetap kenyal.

3. Jeruk

Buah satu ini merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Tidak hanya mencerahkan kulit secara alami, kandungan vitamin C pada jeruk juga dapat melindungi kulit. Terutama dari penuaan dini yang menjadikan kulit berkeriput.

4. Ikan Sarden

Makanan laut, terutama ikan laut mengandung fatty acid seperti omega-3 dan omega-9 yang sangat tinggi. Begitu pula dengan ikan sarden. Dilansir dari laman Allison Tannis, ikan sarden yang kaya akan omega-3 ini dapat menjadikan kulit terlihat lebih glowing dan lembap.

Wah, siapa yang menyangka ternyata untuk merawat dan mencerahkan kuit juga dapat disiasati dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Kendati demikian, Anda juga harus menggunakan skincare khusus agar hasilnya lebih optimal.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi