Terbit: 8 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Baik body serum dan body lotion bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit, namun keduanya memiliki perbedaan baik dari tekstur maupun manfaatnya. Cek apa bedanya body serum dan body lotion di sini!

Perbedaan Body Serum dan Body Lotion, Mana yang Lebih Oke?

Mengenal Perbedaan Body Serum dan Body Lotion

Body serum dan body lotion secara umum memiliki fungsi yang sama, namun tujuan pemakaiannya secara khusus berbeda.

Untuk memahami bedanya body serum dan body lotion, berikut penjelasannya:

1. Beda Fungsi Spesifik

Bedanya body lotion dan body serum ada pada tujuan pemakaiannya. Body lotion telah lebih dulu hadir sebagai pelembap untuk menghidrasi kulit. Manfaat body lotion juga sebagai pelindung dari sinar UV.

Mengingat setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda, sehingga membutuhkan pelembap kulit yang berbeda pula. Maka body serum pun hadir, sebagai pelembap sekaligus solusi bagi kulit tubuh yang bermasalah.

Bukan berarti body serum dapat menggantikan peran body lotion secara keseluruhan,

2. Beda Cara Kerja

Body lotion lebih berfungsi untuk menghidrasi kulit, maka kulit akan terasa lengket selama beberapa saat.

Sedangkan body serum memiliki molekul yang lebih kecil sehingga lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Serum juga bekerja dengan cara membentuk skin barrier atau lapisan pelindung pada kulit. Serum cenderung tidak lengket seperti body lotion.

3. Beda Kandungan

Bedanya body serum dan body lotion berikutnya adalah kandungan aktif di dalamnya. Bentuk body lotion biasanya lebih cair serta lebih rendah kandungan minyaknya daripada pelembap kulit lainnya. Pemakaiannya lebih ditujukan untuk kulit normal dan tidak begitu bermasalah.

Sementara itu kandungan body serum  lebih banyak. Memiliki formula yang lebih ringan sehingga mudah meresap ke dalam kulit.

Bahan pembuat body serum adalah water based atau berbasis air. Beberapa bahan utamanya adalah vitamin, antioksidan, glycolic acid, lactic acid untuk mencegah kulit menjadi kering.

4. Beda Penggunaannya

Pemakaian body lotion untuk semua jenis kulit sebab formulanya ringan. Di samping itu, body lotion mempunyai kandungan untuk menjaga kelembapan kulit. Body lotion dapat digunakan kapan saja saat diperlukan.

Sementara itu, body serum sangat baik pemakaiannya untuk kulit super kering dan kasar. Body serum juga bermanfaat bagi kulit yang memiliki masalah tertentu, misalnya mengalami penuaan dini, sensitif, serta bersisik.

Baca Juga: Teknik Perawatan Kulit Slugging, Ini Fungsi dan Prosesnya!

Perbedaan Manfaat Body Serum dan Body Lotion

Body serum dan body lotion punya manfaat berbeda. Yuk, cari tahu bedanya body lotion dan body serum dari segi manfaatnya!

Manfaat Body Serum untuk Kulit

Jika dijabarkan, berikut ini adalah manfaat dari body serum:

  • Membuat Kulit Lembut

Body serum bermanfaat untuk membuat kulit jadi halus dan lembut, serta melembapkan kulit. Kandungan nutrisinya menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Anda terhindar dari masalah kulit kasar, kering, dan mengelupas bila rutin menggunakan body lotion setiap hari.

  • Mengatasi Masalah Kulit

Body serum juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Beberapa masalah kulit di antaranya adalah kulit kusam, flek-flek hitam, dan keriput. Masalah kulit tersebut timbul karena adanya gangguan kulit dari dalam.

  • Melindungi Kulit dari Paparan UV dan Perubahan Kelembapan Udara

Gunakan body serum setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV serta perubahan ekstrem kelembapan udara di lingkungan.

Bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan maka bisa memilih body serum yang mengandung SPF minimal 30.

  • Menjaga Kadar Air di Dalam Kulit

Body serum bermanfaat untuk menjaga kadar air di dalam kulit, baik karena cuaca panas maupun udara kering di dalam ruangan ber-AC. Dengan body serum maka kulit akan selalu terhidrasi.

  • Menghindari Risiko Perubahan Warna Kulit

Warna kulit bisa berubah karena faktor usia, sinar UV, dan berbagai penyakit kulit. Body serum bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut.

Berbeda dengan pemutih, body serum bekerja dengan cara mencegah pigmentasi dan memperbaiki sel-sel kulit.

  • Mendukung Regenerasi Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Body serum juga bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit mati dan mencegah penuaan dini dan eksfoliasi kulit untuk regenerasi sel kulit baru yang sehat. Body serum mengandung vitamin C, vitamin E, dan kolagen.

Baca Juga: 10 Urutan Body Care Routine untuk Mencerahkan Kulit

Manfaat Body Lotion untuk Kulit

Memiliki kandungan lebih ringan, body lotion cenderung aman dipakai oleh segala usia dari remaja hingga dewasa. Secara khusus, manfaat body lotion yaitu:

  • Melembapkan Kulit

Cuaca yang sering berubah membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya maka pakailah body lotion setelah mandi.

Sebagai catatan, gunakan lotion saat kulit masih terasa lembap dan menyisakan sedikit air. Kulit lembap lebih cepat menyerap kandungan lotion daripada kulit yang kering.

  • Melembutkan Kulit

Ada beberapa area tubuh yang terasa lebih kasar dan tebal seperti lutut dan siku. Mengoleskan body lotion setiap hari maka area kulit tersebut akan terasa lebih halus dan lembut.

  • Kulit Bersinar

Memakai body lotion memberikan efek kulit bersinar. Ada juga Body lotion yang bermanfaat untuk mencerahkan dan menyegarkan kulit.

  • Menghilangkan Kapalan

Kapalan adalah kondisi kulit yang menebal dan keras. Kapalan sering terjadi di telapak kaki, tumit, serta pada lutut dan telapak tangan.

Kondisi ini bisa diatasi dengan mengoleskan body lotion secara teratur., terutama setelah mandi dan sebelum tidur.

  • Mengurangi Stres

Bukan hanya pikiran saja yang bisa stres, kulit juga bisa mengalaminya. Untuk mengatasi efek stres pada kulit, pijat lembut kulit dengan body lotion yang mengandung wewangian aromatik.

Beberapa aroma yang dapat menenangkan seperti lavender dan chamomile.

Dari pemaparan diatas jelaslah bedanya body serum dan body lotion. Baik dari segi kandungannya, manfaat maupun cara penggunaannya.

Baca Juga: Body Wash vs Shower Gel, Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik?

Mana yang Lebih Baik, Body Serum dan Body Lotion?

Jika ingin tahu mana yang lebih baik antara body lotion dengan body serum, maka jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan jenis kulit.

Kulit yang kering dan dehidrasi lebih disarankan menggunakan body serum yang memiliki konsentrasi pelembap lebih tinggi dibandingkan dengan body lotion. Sementara body lotion bisa dan efektif digunakan untuk semua jenis kulit.

 

  1. Balsamo, Lauren. 2020. 9 Best Body Serums for Smooth, Glowing Skin. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/g33995669/best-body-serums/. (Diakses tanggal 29 November 2021).
  2. Hinds, Catherine. 2013. Serum vs. Lotion. What’s the difference? https://www.catherinehinds.edu/blog/?p=601. (Diakses tanggal 29 November 2021).
  3. Vaseline. 2021. What are Body Serums, and How to Use Them. https://www.vaseline.com/za/en/articles/skin-care-fundamentals/what-are-serums-and-how-to-use-them.html. (Diakses tanggal 29 November 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi