Terbit: 5 Oktober 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang kurang toleran dan mudah bereaksi bila terkena zat alergen atau produk tertentu dan umumnya memicu gejala seperti ruam, gatal, perih, hingga sensasi terbakar. Ketahui bagaimana cara mengatasi kulit sensitif dan rekomendasi skincare terbaik untuk kulit wajah sensitif pada pembahasan berikut ini.

Punya Kulit Sensitif? Ini 6 Cara Mengatasinya dengan Tepat!

Cara Mengatasi Kulit Sensitif  dengan Efektif

Kulit sensitif terjadi akibat adanya kerusakan skin barrier (lapisan kulit terluar) akibat faktor lingkungan, dehidrasi kulit, atau mungkin gejala dari kondisi lain yang mendasarinya. Orang dengan kulit sensitif cenderung akan mengalami reaksi lokal atau alergi kulit saat menggunakan produk dengan bahan kimia tertentu, produk kulit dengan pewarna atau pewangi, atau saat kulit berinteraksi dengan zat tertentu.

Apabila gejala kulit sensitif tersebut bukan akibat masalah kulit serius, maka bisa dikontrol dengan perawatan alami di rumah. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit sensitif dengan mudah:

1. Gunakan Pembersih Kulit yang Sesuai

Orang dengan kulit sensitif tidak boleh menggunakan sabun cuci muka atau cleansing sembarangan. Sebaiknya hindari produk pembersih dengan kandungan alkohol, asam alfa-hidroksi (AHA), asam beta-hidroksi (BHA), dan natrium lauril sulfat karena akan memperburuk gejala sensitif kulit.

Pilih produk pembersih yang mengandung hyaluronic acid, pH seimbang antara 5 dan 5,5, dan tidak mengandung sabun (busa). Bahan aktif produk pembersih yang lebih ringan dan lembut agar tidak memicu kambuhnya gejala kulit sensitif.

2. Gunakan Pelembap

Cara mengatasi kulit wajah sensitif adalah menggunakan pelembap kulit setiap hari, setidaknya dua kali sehari atau bisa diaplikasikan ulang saat siang hari dan kulit mulai kering. Produk pelembap kulit dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik dan mencegah iritasi.

Pilih produk pelembap untuk kulit sensitif yang mengandung:

  • Natrium hialuronat dan asam hialuronat untuk melembapkan kulit dengan efektif.
  • Ceramide untuk memperbaiki kerusakan pada skin barrier.
  • Oatmeal koloid efektif untuk menjaga keseimbangan permukaan kulit.

Pertimbangkan juga menggunakan produk pelembap dengan tambahan kandungan ekstrak alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, shea butter, susu, dan bahan natural lainnya untuk membantu menenangkan, menutrisi kulit, dan meredam gejala kulit sensitif di kemudian hari.

3. Gunakan Sunscreen

Salah satu gejala kulit sensitif adalah kulit mudah terbakar atau tersengat matahari (sunburn), terutama bila menghabiskan waktu di luar ruangan pada siang dan sore hari. Maka dari itu, penderita kulit sensitif disarankan untuk selalu menggunakan sunscreen berspektrum luas dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi.

Pilih sunscreen yang mengandung bahan aktif titanium dioksida dan zinc dioksida. Kandungan sunscreen tersebut akan menangkal paparan sinar UV, bukan menyerapnya ke dalam kulit seperti penggunaan tabir surya biasa berbahan kimia.

4. Hindari Produk Bersifat Iritatif

Penderita kulit sensitif harus menghindari penggunaan produk kulit dengan bahan kimia yang kuat. Cara mengatasi kulit sensitif gatal dengan menghindari produk iritatif seperti yang mengandung parfum atau pewangi buatan, bahan antibakteri, deodoran, pengawet, bahan emulsi, sulfat, alkohol, asam salisilat, asam laktat, dan asam glikolat.

Pilih produk perawatan kulit yang dapat mempertahankan kelembapan tanpa mengiritasi, seperti agen emolien dan humektan, asam linoleat dan alfa-linolenat, asam hialuronat, dan gliserin.

5. Berhati-Hati Mencoba Produk Skincare Baru

Sudah memahami bahwa kulit Anda sangat sensitif, jadi sebaiknya tidak menggunakan atau sembarangan mencoba produk baru. Lakukan tes produk untuk kulit sensitif sebagai berikut:

  • Oleskan sedikit produk di belakang telinga atau tangan.
  • Tunggu selama 24 jam dan amati reaksinya.
  • Lakukan lagi tes tersebut setiap 24 jam selama tiga hari.
  • Bila tidak mengalami reaksi alergi atau iritasi sama sekali, maka produk tersebut aman untuk Anda.

Kemudian, sebaiknya mencatat produk apa yang aman dan tidak aman yang pernah Anda coba. Jangan lagi menggunakan produk yang memicu gejala iritasi dan sensitif kulit.

6. Gunakan Produk Khusus untuk Kulit Sensitif

Karena kulit sensitif kurang dapat mentoleransi bahan-bahan skincare tertentu, maka mohon gunakan produk yang memang dirancang khusus untuk kulit sensitif dan sudah teruji secara dermatologis. Seperti yang sudah disebutkan, sebaiknya pilih produk skincare yang tidak mengandung sabun (busa), pewangi, atau bahan iritan lainnya seperti produk-produk skincare dari QV.

cara mengatasi kulit sensitif dengan qv skincare doktersehat

QV Skincare menyediakan rangkaian produk perawatan kulit khusus untuk kulit sensitif, yaitu:

  • QV Gentle Wash: Produk pembersih dengan formula non-drying, tanpa pewangi, pewangi, sabun, dan mengandung pH seimbang (non-komedogenik). Gunakan untuk mandi atau berendam setiap hari.
  • QV Wash: Produk pembersih khusus untuk kulit sensitif dengan pH seimbang, non komedogenik, dan melembapkan kulit sepanjang hari. Aman digunakan untuk siapa saja termasuk lansia dan bayi.
  • QV Cream: Pelembap yang dirancang untuk kulit sensitif, juga efektif untuk kulit kering. Krim pelembap tidak lengket dan cepat menyerap, juga mengandung pH seimbang dan teruji secara dermatologi. Membuat kulit lembap, lembut, dan mencegah gejala kulit sensitif. Gunakan di malam hari setelah mandi dengan QV Gentle Wash atau QV Wash.
  • QV Skin Lotion: Losion untuk menjaga kelembapan kulit, meredakan kulit kering, dan aman untuk kulit sensitif. Oleskan ke kulit secara merata setelah mandi, bisa diaplikasikan ulang beberapa kali sesuai kebutuhan.

Rangkaian produk kategori kulit sensitif dari QV skincare sudah teruji secara dermatologi dapat membantu mencegah kulit kering, ruam kulit, atau gatal akibat kulit sensitif. Gunakan rangkaian produk sesuai kebutuhan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Beli produk QV Skincare di apotek online Farmaku.com dan nikmati diskon setiap hari.

Nah, itulah beberapa rekomendasi cara merawat kulit sensitif dengan bahan alami. Apabila kulit sensitif disebabkan oleh masalah lain yang lebih serius, mohon hubungi dokter kulit untuk mendapat perawatan terbaik secara medis. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Stanton, Colleen. 2021. Sensitive Skin: 6 Signs You Have It and How to Care for It. https://dermcollective.com/sensitive-skin/#how_to_choose_products_for_sensitive_skin. (Diakses pada 16 September 2021).
  2. Johnson, Jon. 2021. Sensitive skin: Home remedies and prevention. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sensitive-skin#treatment. (Diakses pada 16 September 2021).
  3. Madormo, Carrie, RN, MPH. 2020. What Is Sensitive Skin? Your skin is more prone to reactions. https://www.verywellhealth.com/what-is-sensitive-skin-5085561. (Diakses pada 16 September 2021).
  4. Todd, Carolyn. 2018. 11 Things Dermatologists Want You to Know About Sensitive Skin. https://www.self.com/story/sensitive-skin-facts-dermatologists. (Diakses pada 16 September 2021).
  5. Web MD. 2020. 20 Common Questions About Sensitive Skin. https://www.webmd.com/beauty/sensitive-skin-20-questions#1. (Diakses pada 16 September 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi