Terbit: 23 Mei 2018 | Diperbarui: 25 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Berbagai produk perawatan wajah terdiri atas bahan-bahan yang saling memiliki fungsi. Tapi, tahukah Anda bahwa ada bahan-bahan atau komposisi yang bisa berbahaya bagi kulit jika dipadukan? Sebelum memilih produk kosmetik, ada baiknya memeriksa lebih dulu. Apa sajakah komposisi make up yang berbahaya untuk kulit jika dipadukan?

Ketahui Bahaya Paduan Komposisi pada Make Up untuk Kulit Wajah Anda

1. Retinol dan Glycolic Acid

Seperti yang dilansir dari Stylecaster, Retinol menjadi komposisi pilihan ketika Anda ingin mencerahkan kulit. Sementara Glycolic Acid membantu menyamarkan noda akibat jerawat. Gabungan keduanya seolah combo yang bisa mempercantik kulit Anda. Tapi tahukah jika kedua bahan tersebut digunakan bersamaan, ternyata bisa berbahaya bagi kulit? Kulit jadi kering dan mudah terbakar sinar matahari. Kulit bisa iritasi dan kehilangan kelembapan.

Lebih baik, gunakan dua produk kosmetik yang mengandung retinol dan Glycolic Acid ini secara terpisah. Glycolic Acid di pagi hari dan Retinol pada perawatan wajah di malam hari. Sebabnya, sinar matahari bisa membuat Retinol kehilangan khasiatnya.

2. Retinol dan Benzoyl Peroxide

Retinol memang dianggap sebagai salah satu komposisi pada produk kosmetik yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Tetapi, sayangnya, Retinol tidak selalu cocok dipadukan dengan bahan lain.

Retinol cenderung membuat kulit lebih kering, dan jika dikombinasikan dengan bahan lain yang serupa, seperti Benzoyl Peroxide, atau bahan dengan kandungan alcohol yang tinggi, bahan ini bisa menyebabkan iritasi dan masalah kulit lain. Gabungan keduanya bisa menjadi komposisi make up yang berbahaya bagi kulit.

3. Vitamin C dan H2O

Vitamin C juga dipercaya bagus untuk mencerahkan warna kulit yang kusam. Vitamin V kaya akan antioksidan. Tetapi, untuk dapat dirasakan manfaatnya, molekul Vitamin C harus stabil, karena jika tidak, Vitamin C akan mudah teroksidasi. Produsen kosmetik, sebagian besar akan menambahkan Vitamin E untuk membuat Vitamin C menjadi stabil. Sayangnya, air, dapat kembali membuatnya tidak stabil.

Komposisi make up yang berbahaya bagi kulit, atau tidak bagus untuk kulit, adalah panduan agar Anda lebih bijak dalam memilih dan menggunakan make up. Jika sudah terlanjur dan menyebabkan masalah pada kulit Anda, segera hubungi dokter kulit.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi