Terbit: 23 Mei 2018 | Diperbarui: 27 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Banyak hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika ingin rambut tetap sehat. Tapi tidak jarang, sebagian besar hanya mitos. Dilansir dari Natural Living Ideas, berikut ini mitos tentang rambut yang menarik untuk diketahui. Mari simak bersama.

Mitos Mengenai Hal-hal yang Dapat Merusak Rambut

1. Jika Mencabut Uban, Akan Tumbuh Uban Lainnya

Anda mungkin pernah mendapati satu helai uban di kepala lalu ketakutan untuk mencabutnya. Alasannya karena khawatir akan tumbuh lebih banyak uban di sana. Ini jelas mitos. Uban yang dicabut bukan menjadi penyebab uban yang lain untuk tumbuh. Ketika uban dicabut, folikel dan kulit kepala Anda akan tertekan, dan ini bisa menyebabkan rambut yang tumbuh nantinya, akan memiliki tekstur rambut yang berbeda.

2. Potong Rambut Membuat Cepat Panjang

Mitos tentang rambut yang satu ini juga pasti pernah Anda dengar. Faktanya, tidak ada hubungan antara sering memotong rambut dengan pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Rambut, sama-sama kita ketahui, tumbuh dari akar, bukan dari ujung rambut. Ketika Anda memotong bagian ujung rambut, hal tersebut tidak akan mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Karena semua bermula dari akar di kulit kepala.

3. Rambut Berminyak Wajib Dicuci Setiap Hari

Banyak pemilik rambut berminyak beranggapan bahwa mencuci rambutnya setiap hari bisa mengurangi kadar minyak di rambut. Padahal tidak. Mencucinya terlalu sering justru bisa membuat kulit kepala menghasilkan minyak lebih banyak. Untuk mengatasi rambut berminyak, lebih baik gunakan produk yang bisa membantu tubuh khususnya kulit kepala untuk mengatur produksi minyak.

4. Jangan Gunakan Shampoo yang Sama dalam Waktu Lama

Mitos tentang rambut selanjutnya adalah jangan gunakan shampoo yang sama dalam waktu lama. Menurut para professional rambut mengganti-ganti shampoo terlalu sering justru akan mengganggu pH rambut yang bisa membuat rambut kering dan murah rapuh. Sebaiknya, setia saja pada satu produk shampoo yang dirasa cocok, yang menutrisinya dan menjaga agar rambut tetap kuat.

Beberapa hal di atas, tidak terbukti secara ilmiah, sehingga semua hanya mitos. Kesehatan rambut, kembali pada ketelatenan Anda dalam merawatnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi