Terbit: 31 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak jojoba, biasa terkandung dalam produk-produk perawatan bayi, baik perawatan kulit bayi atau rambut bayi. Penyebabnya karena minyak yang satu ini memang memiliki elemen baik untuk menjaga kulit serta rambut. Menurut Natural Living Ideas, keutamaan minyak jojoba, khususnya untuk rambut, cukup banyak. Kami sampaikan 3 di antaranya, adalah sebagai berikut:

Coba Minyak Jojoba untuk Atasi Masalah Rambut Anda

1. Minyak Jojoba Mengontrol Kerontokan Rambut

Rambut yang rontok lebih dari 100 helai setiap hari, adalah masalah. Masalah kerontokan ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti kurangnya nutrisi, kondisi kulit kepala yang bermasalah, penuaan dan kerusakan pada folikel rambut. Minyak jojoba, hadir untuk membantu folikel dapat kembali melakukan fungsinya menumbuhkan rambut-rambut baru.

Minyak jojoba dapat dengan mudah meresap ke dalam folikel dan melarutkan penumpukan sebum dan memfasilitasi pertumbuhan rambut baru. Vitamin dan mineral dalam minyak jojoba juga dapat menyehatkan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

Penggunaan minyak jojoba pada rambut kering dan keriting dapat membantu melembapkan dan membuatnya lebih mudah diatur dan kusut. Oleskan minyak ke rambut sebelum mencuci rambut atau gunakan bersama dengan shampoo.

2. Minyak Jojoba Mengendalikan Ketombe

Ketombe adalah keluhan yang sangat umum, hampir semua orang mengalami kondisi kulit kepala yang menjengkelkan sekaligus memalukan ini. Kekeringan pada kulit kepala merupakan penyebab utama terjadinya ketombe pada kulit kepala; dan masalah inilah yang akan diselesaikan oleh minyak Jojoba.

Minyak jojoba mengandung banyak mineral alami yang berkontribusi efektif dalam mengendalikan ketombe. Minyak jojoba juga memilki sifat antijamur dapat berguna untuk mengenyahkan infeksi jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

3. Minyak Jojoba Meredakan Psoriasis Kulit Kepala

Psoriasis merupakan keadaan terkelupasnya kulit kepala terkelupas hingga membentuk serpihan seperti ketombe. Minyak jojoba dapat membersihkan sebum serta membersihkan penumpukkan sel mati di kulit kepala dengan cara menembus folikel rambut.

Dalam minyak jojoba, terkandung juga anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan dan gatal. Vitamin E dan antioksidan dalam minyak jojoba juga dapat membantu menghasilkan perubahan imunologi pada kulit kepala yang menguntungkan.

Manfaat minyak jojoba pada kulit kepala ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki kulit kepala bermasalah. Gunakan secara rutin hingga kulit kepala terbebas dari inflamasi dan masalah lain.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi