Terbit: 24 Mei 2018 | Diperbarui: 27 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bekas luka, terutama di bagian-bagian kulit yang bisa langsung terlihat, bisa menurunkan rasa percaya diri. Untuk membantu menyamarkannya, ternyata Anda bisa mengandalkan minyak esensial. Dilansir dari Natural Living Ideas, berikut ini adalah minyak esensial terbaik yang dapat menyamarkan bekas luka.

Minyak Esensial Terbaik yang Dapat Membantu Menyamarkan Bekas Luka

1. Minyak Esensial Lavender

Minyak esensial lavender membawa manfaat yang sangat bagus bagi bekas luka. Minyak esensial Lavender mengandung antibakteri dan antijamur yang bekerja dalam menyamarkan bekas luka dan membantu menyembuhkan luka, terutama bekas luka bakar ringan.

Kandungan dalam minyak esensial Lavender mendorong pembentukan sel kulit baru yang sehat. Selain itu, minyak esensial ini juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat, kerutan pada wajah, psoriasis serta peradangan kulit lainnya.

2. Minyak Esensial Rosemary

Selain biasa digunakan sebagai bahan masakan, Rosemary yang masih satu keluarga dengan mint, memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka. Minyak esensial dari Rosemary memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, serta antiseptik dan antibakteri, serta antiperadangan. Minyak ini, bisa Anda andalkan untuk mengatasi masalah jerawat, eksim, serta gangguan kulit lain yang meninggalkan bekas.

3. Minyak Esensial Pohon Teh

Menyamarkan bekas luka, juga bisa dilakukan jika Anda mengoleskan secara rutin minyak pohon teh pada bagian kulit yang terluka. Minyak pohon teh, sudah terkenal sebagai salah satu minyak esensial yang dapat dipakai untuk melawan berbagai jenis bakteri, virus serta jamur. Selain dapat bantu menyamarkan bekas luka, minyak pohon teh bisa bantu menyembuhkan eksim dan masalah kulit lain yang disebabkan bakteri.

4. Minyak Esensial Geranium

Minyak esensial Geranium sudah banyak dipakai oleh masyarakat Mesir. Mereka percaya, minyak ini dapat membantu kulit menjadi lebih bercahaya secara alami. Minyak Geranium sekarang ini juga banyak dipakai untuk mengatasi masalah jerawat, peradangan kulit ringan, serta menyeimbangkan hormone.

Minyak dari Geranium membantu merevitalisasi sel-sel kulit, mengontrol produksi sebum pada kulit berminyak, meremajakan kulit yang kusam, serta membuatnya bercahaya secara alami.

Khasiat lain dari minyak esensial geranium selain memudarkan bekas luka pada kulit adalah sebagai antiperadangan, membantu meratakan warna kulit, menghilangkan racun, meningkatkan sirkulasi darah di bawah permukaan kulit, serta manfaat lainnya

Minyak esensial guna menyamarkan bekas luka di atas, bisa menjadi alternative alami yang Anda pilih. Semua tanpa efek samping dan bisa dilakukan sendiri di rumah.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi