Terbit: 12 April 2018 | Diperbarui: 28 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan dambaan bagi sejumlah orang. Pasalnya, rambut yang sehat dan indah dapat menjadikan penampilan Anda semakin sempurna. Tidak heran jika Anda memiliki dan menggunakan sejumlah produk perawatan khusus. Namun, merawat kesehatan dan keindahan rambut juga dapat dilakukan dengan cara yang alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan buah semangka. Nah, apa saja sih manfaat yang diberikan oleh buah semangka?

Merawat Kesehatan Rambut dengan Buah Semangka

1. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Salah satu manfaat dari buah semangka adalah mampu menstimulasi pertumbuhan rambut. Dilansir dari laman Faith In Nature, hal ini disebabkan karena adanya kandungan arginine. Arginine sendiri merupakan salah satu jenis asam amino yang melancarkan peradaran darah pada kulit kepala.

2. Mencegah Rambut Rontok

Buah semangka juga mengandung vitamin C yang ampuh dalam menjaga kesehatan kulit kepala. Sebagai tambahan informasi, vitamin C yang terkandung pada buah semangka dapat menstimulasi produksi kolagen. Tentu saja kulit kepala yang sehat akan lebih kuat menahan akar rambut sehingga tidak mudah rontok.

3. Melembapkan Kulit Kepala dan Rambut

Selain daging buahnya, olahan minyak yang terbuat dari biji semangka juga dapat digunakan untuk melembapkan rambut dan kulit kepala. Biasanya, minyak semangka dapat diaplikasikan langsung pada kulit kepala dan rambut. Namun, Anda juga bisa mendapatkan kandungan minyak semangka pada beberapa shampoo.

Siapa yang akan menyangka ternyata buah semangka yang kerap dikonsumsi untuk menyegarkan tenggorokan ini juga memiliki manfaat bagi kulit kepala dan rambut. Anda dapat menggunakan buah semangka segar sebagai masker rambut atau menggunakan olahan semangka dalam bentuk minyak esensial. Kendati demikian, tetap seimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat, ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi