Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi sebagian orang, kulit berminyak terasa mengesalkan karena membuat wajah tidak terlihat bersih dan segar. Sehingga terkadang mereka memilih produk perawatan kulit yang keras untuk menghilangkan kesan berminyak tersebut.

Kiat Menjaga Kulit Berminyak Tetap Bersih dan Sehat

Photo Credit: Flickr.Com/Jeff

Jika kulit Anda berminyak, jangan sedih dulu, karena minyak alami pada wajah justru sebenarnya penting untuk kulit yang sehat. Jadi, ingatlah bahwa saat membersihkan kulit wajah Anda, tujuannya bukanlah untuk membuat wajah menjadi kering, tapi hanya menghilangkan minyak berlebih dan kotoran saja.

Membuat kulit menjadi terlalu kering dengan pembersihan yang berlebihan justru tidak baik untuk wajah Anda. Seperti yang dilansir dari howstuffworks.com, kulit kering akan kekurangan lapisan pelindungnya dan membuat wajah jadi rentan mengalami iritasi dan cepat keriput.

Pastikan untuk membersihkan wajah Anda dua kali sehari dengan produk yang lembut. Sabun wajah yang terlalu keras akan menghilangkan semua minyak dalam wajah, bahkan minyak yang seharusnya baik untuk kulit.

Masker seperti mud mask atau clay mask dapat membantu menarik keluar minyak pada kulit. Gunakan dua kali seminggu untuk menjaga keseimbangan minyak pada kulit wajah Anda.

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu memakai pelembab setelah membersihkan wajah. Pilih pelembab yang ringan agar tidak terasa berat dan tebal di wajah.

Beberapa orang mengira bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab. Ini adalah pemahaman yang keliru, karena pembersih apapun sebenarnya berpotensi membuat kulit menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Saat kulit kehilangan minyak alaminya, ia justru akan menghasilkan lebih banyak minyak lagi.

Jangan merasa terlalu sedih dengan kulit berminyak yang akan membuat wajah terlihat kusam. Dengan perawatan yang benar, Anda tetap bisa mendapatkan kulit yang bersih dan sehat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi